by

Cek Kesiapan Nataru di Taman Safari

Jakarta : Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy kembali melanjutkan pengecekan lapangan terkait kesiapan antisipasi jelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

“Hari ini saya mendampingi Bapak Kapolri di salah satu daerah di Jawa Barat (Taman Safari) untuk memantau pelaksanaan vaksinasi. Mudah-mudahan semuanya lancar dan terus kerja keras. Kalau targetnya belum maksimal, terus ditingkatkan kerjanya,” ujar Menko PMK Muhadjir dalam keterangannya, Kamis (23/12/2021).

Pelaksanaan vaksinasi oleh TNI dan Polri tersebut dilakukan serentak di seluruh daerah di Indonesia. Saat peninjauan, Menko PMK pun menyapa dan berdialog secara virtual dengan beberapa daerah yang juga tengah melaksanakan vaksinasi Covid-19 di posko-posko antisipasi jelang Nataru.

Vaksinasi adalah salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk menekan kasus Covid-19 dan untuk mengantisipasi munculnya varian baru Omicron di Tanah Air. Meskipun secara nasional vaksin pertama sudah tembus 72-75% namun diharapkan capaian vaksinasi bisa lebih ditingkatkan di seluruh Indonesia.

“Salah satu pembeda untuk perang melawan Covid-19 ini adalah mempercepat vaksinasi di seluruh Indonesia. Ini penting karena kalau orang sudah divaksin kalaupun terkena Covid-19 insya Allah tingkat keparahannya rendah, apalagi tingkat kematiannya bisa ditekan seminim mungkin,” imbuhnya.

Di samping vaksinasi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, berbagai langkah juga disiapkan guna mengantisipasi pergerakan masif dari masyarakat seiring kebijakan pengetatan yang diberlakukan selama Nataru. Tujuannya agar aktivitas masyarakat dan ekonomi tetap berjalan, namun dibarengi pengetatan aturan terutama menyangkut protokol kesehatan (prokes).

“Di satu sisi kita berharap aktivitas masyarakat berjalan dengan baik, pertumbuhan ekonomi bagus, tapi di sisi lain kita tetap harus waspada agar laju Covid-19 bisa kita kendalikan dengan menerapkan prokes dan mempercepat vaksinasi serta memperkuat langkah 3M dan 3T. Itu yang akan kita lakukan,” pungkas Kapolri.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *