Cegah Virus Corona, Situasi Kabah Sepi, Makkah Juga Dipagari

0
(0)

Jakarta : Virus Corona menjangkiti hampir semua negara di dunia, termasuk Indonesia. Akibat virus tersebut pula jemaah Indonesia batal berangkat umrah ke Mekkah. Hal tersebut ditetapkan oleh pemerintah arab pada beberapa pekan lalu, Pemerintah Arab Saudi sendiri telah menangguhkan visa umrah bagi WNA dan melarang negara-negara yang dijangkiti corona dengan skala besar.

Pantauan RRI pada pagi ini melalui siaran langsung di Makkah TV pada pukul 15.08 terlihat kabah sudah dipagari.

Dalam siaran tersebut juga terlihat bahwa orang yang berjalan mengelilingi kabah tidak seramai hari biasanya.

Melihat Kabah sudah dipagari membuat warganet banyak berkomentar di media sosial. Seperti salah satunya @samanetijen yang mengaku takut melihat orang yang melakukan tawaf di Mekkah berkurang.

“Kalau udah gak ada orang tawaf di Mekkah tu gimana yak aku kok ngerasa takut bgt, melebihi takut pas ada kabar Arab Saudi menghijau, turun salju, banjir,” cuitnya di Twitter.

Sementara akun @ayustwhyniii berharap agar fenomena ini segera berakhir.

“Keadaan di mekkah sekarang sedang di sterilisasi, semoga setelah ini yg thawaf banyak lagi Aamiin,” ucapnya di Twitter.

Selain itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Riyadh, Arab Saudi, mengimbau kepada warga negara Indonesia (WNI) yang di Arab Saudi untukk tidak berpergian ke Makkah dan Madinah untuk sementara.

Hal tersebut dilakukan terkait upaya pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19). Pernyataan imbauan tersebut disampaikan pada Minggu (8/3/2020).

“Hingga saat ini masih berlaku larangan sementara untuk tidak melakukan ibadah umrah bagi jemaah umrah dari seluruh negara, termasuk warga negara Arab Saudi dan ekspatriat yang tinggal di luar dan di dalam kota Mekkah dan Madinah,” tulis pernyataan KBRI Riyadh.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Italia Utara Lockdown, Korban Tewas Coronavirus 366 Orang

Mon Mar 9 , 2020
0 (0) Roma : Jumlah kematian akibat Coronavirus di Italia telah meningkat dari 233 orang pada hari Sabtu kemarin, menjadi 366 orang, demikian kata pejabat setempat, seperti dilansir The Guardian, Senin (9/3/2020) dini hari Waktu Indonesia Barat (WIB). Kenaikan 57% dalam satu hari, merupakan kejadian fatal berujung kematian sejak awal […]