by

Cari Ricky Ham, KPK Minta Bantuan Gubernur Papua

Jakarta : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengirimkan surat kepada Gubernur Papua, untuk membantu mencari Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak.

“KPK juga telah berkirim surat ke pihak Gubernur Provinsi Papua sebagai bentuk informasi dan koordinasi sehingga pihak Pemprov Papua dapat turut membantu mencari keberadaan tersangka (Ricky) dimaksud,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (1/8/2022).

Ali menyebut, koordinasi dengan Gubernur Papua dinilai penting. Koordinasi ini, untuk memastikan jalannha pemerintahan tidak terganggu.

“Gubernur juga dapat memantau roda pemerintahan di Pemkab Mamberamo Tengah sehingga tetap berjalan normal,” ujarnya.

KPK menegaskan, kasus ini tidak berkaitan dengan politik. Ricky diproses hukum oleh KPK, karena diduga menerima suap dan gratifikasi terkait pengerjaan proyek di Mamberamo Tengah.

“Kami juga tegaskan bahwa penanganan perkara KPK tetap menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah sehingga hak-hak tersangka juga tentu kami perhatikan sesuai koridor ketentuan hukum,” ucapnya.

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak merupakan tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi pelaksanaan berbagai proyek di Pemkab Mamberamo Tengah.

Dia menjadi buronan, karena mangkir dalam pemanggilan penyidik KPK. Ricky diduga kabur ke Papua Nugini.