by

Cara Asik Berlebaran Meski Tak Dapat THR

Jakarta: Lebaran memang momen yang tepat untuk merayakan kebahagiaan bersama keluarga dan sanak saudara. Kita juga bisa berbagi untuk anak-anak kecil, sanak saudara, dan bahkan orangtua.

Di hari lebaran, tidak semua orang mendapat THR. Pengusaha, pegawai tidak tetap, pedagang adalah beberapa contoh dari profesional yang tidak mendapat THR di hari lebaran.

Selain itu, ada banyak penyebab kenapa seseorang tidak mendapatkan tunjangan hari raya, mulai dari masa kerja belum mencukupi atau karena memang bukan pekerja yang sesuai dengan ketentuan untuk memperoleh THR. Apapun itu, sejatinya Lebaran tetap bisa dirayakan dengan asyik meski tak mendapatkan THR.

Tidak dipungkiri bila THR masih menjadi dambaan untuk tambahan dana lebaran yang seringkali membengkak beberaapa kali lipat dari bulan-bulan biasanya.

Namun, tidak mendapatkan THR untuk hari raya, bukan berarti kita tidak bisa merayakan lebaran. THR hanya sejumlah uang tambahan selain gaji yang diberikan pada pekerja setahun sekali.

Nah, jika tidak mendapatkan THR, kita masih bisa merayakan Lebaran dengan meriah dan jangan berkecil hati, berikut cara merayakan Lebaran dengan asyik meski tanpa memperoleh THR.

1. Siapkan THR Anda Sendiri

Karena tidak mendapatkan THR dari tempat bekerja, maka kita harus menyiapkan dana THR sendiri. Caranya, siapkan dana tersebut jauh-jauh hari dengan membuat tabungan khusus untuk Lebaran. Setidaknya 1 tahun sebelum Lebaran tiba.

Anda bisa menghitungnya kebutuhan Lebaran dengan membuat anggaran dan menuliskan kategori biaya apa saja yang diperlukan. Anda bisa sisihkan sebagian dari gaji Anda untuk disimpan dengan berbagai cara seperti tabungan khusus, investasi emas, atau dimasukkan ke dalam celengan di rumah, sesuai keinginan Anda.

2. Memanfaatkan Dana Lebih

Umumnya, setiap keluraga memiliki dana cadangan untuk perbaikan mobil, motor, renovasi bagian rumah dan lain sebagianya.

Nah, bila ini adalah tahun pertama Anda untuk berlebaran tanpa THR, maka menggunakan dana ekstra adalah salah satu jalan untuk dapat menikmati lebaran.

Akan tetapi, tepati budget yang Anda rencanakan. Karena anda pasti masih membutuhkan dana ekstra pada bulan-bulan berikutnya.

3. Berhemat

Mau tidak mau, Anda harus berhemat jika belum bisa menganggarkan khusus untuk THR atau mengambil dari dana berlebih. Cek kembali pengeluaran Anda, apakah ada yang bisa dikurangi untuk berhemat.

Anda bisa menunda kebutuhan Lebaran yang besar. Anda bisa mengutamakan kewajiban menjelang Lebaran, seperti membayar zakat dan sedekah. Sebaiknya memilih menu makanan yang simple dan sederhana untuk lebaran. Fokus untuk memenuhi kebutuhan bulan berikutnya.

Tanpa THR, bukan berarti kita tidak bisa merayakan hari raya dengan maksimal. kita masih bisa menyiasatinya dengan berhemat terhadap pengeluaran-pengeluaran yang bukan utama. Buatlah anggaran THR sendiri, yang sesuai keperluan Anda.

Hindari pengeluaran yang bisa ditunda, agar Anda masih bisa fokus untuk memenuhi kebutuhan di bulan berikutnya, setelah Lebaran usai. Rayakan Lebaran dengan suka cita bersama keluarga secara sederhana.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *