by

Calon Jamaah Bawa Semprotan Muka

Jakarta : Ibadah haji 1443 H / 2022 Masehi kali ini akan diselimuti cuaca ekstrim. Para calon jamaah haji pun diminta mempersiapkan diri untuk menghadapi cuaca ekstrim berupa suhu tinggi di Tanah Suci. Hal itu diungkapkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat ditemui di kantornya pada Rabu (25/5/2022).

“Tentu perlu persiapan-persiapan untuk jamaah haji yang berangkat ke sana, mulai dari situasi yang cukup ekstrim. Pagi saja habis subuh (suhunya) bisa 40 derajat, siang sedikit bisa 44-46 derajat,” ungkap Menag ketika bercerita mengenai kondisi di Tanah Suci.

Pria yang akrab disapa Gusmen itu bercerita, dirinya baru tiba dua hari lalu setelah kunjungan kerja ke Arab Saudi untuk memeriksa kesiapan untuk pelayanan jamah haji. Gusmen menambahkan, kesiapan fisik calon jamaah menjadi sangat penting.

“Saya kira perlu kesiapan-kesiapan, secara fisik terutama, harus dijaga betul,” tambahnya.

Ia pun mengimbau para calon jamaah untuk membawa serta vitamin dan mengkonsumsinya selama di Tanah Suci nanti. Selain itu, yang tak kalah pentingnya yaitu semprotan wajah.

“Jangan lupa bawa semprotan muka. Karena yang pertama kali merasakan panasnya itu wajah. Jadi wajah itu harus dapat banyak bantuan supaya segar,” ungkap Gusmen.

Persiapan fisik dan sejumlah faktor pendukung tersebut harus diperhatikan betul oleh para calon jamaah dan tidak dianggap remeh.

Gusmen yakin, penyelenggaraan ibadah haji kali ini akan berjalan sukses dan lancar. Keyakinan ini didapatnya setelah melihat langsung kondisi seluruh sistem pelayanan untuk seluruh calon jamaah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.