by

Cacar Monyet Belum Ada Obatnya

Jakarta: Anggota Bidang Penanggulangan Penyakit Menular Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sasa Syarifah mengatakan hingga saat ini belum ada vaksin atau obat untuk cacar monyet alias monkeypox.

“Kalau kita bicara obat kan berarti anti-virus ya kalau anti-virus sendiri (Cacar Monyet, red) memang sampai saat ini belum ditemukan,” kata Sasa Syarifah saat berbincang bersama Pro3 RRI, Jumat (29/7/2022).

“Namun, karena cacar monyetnya dapat sembuh sendiri jadi diberikan obat gejalanya saja.”

Sasa menjelaskan ketika ada pasien yang terkena cacar monyet akan diberikan obat-obat sesuai dengan gejalanya.

“Misalnya demam kita berikan obat demam kemudian nyeri berikan obat nyeri. Apabila ada infeksi sekunder kita berikan obat untuk infeksi sekunder,” ujarnya menjelaskan.

Namun demikian, dalam penelitian di Amerika Serikat vaksin smallpox alias cacar biasa digadang-gadang dapat menangkal penyakit cacar monyet.

“Dikatakan penelitian vaksin smallpox ini hampir 85 persen bisa memberikan efek proteksi terhadap cacar monyet,” katanya kembali.

Untuk itu ia berharap agar vaksin tersebut segera masuk ke Indonesia untuk menghindari penyebaran cacar monyet.

“Sekarang masih digunakan di luar negeri cuma di Indonesia kita belum terima. Harapannya sih mudah-mudahan kita bisa mendapatkan untuk mencegah terjadinya konflik di Indonesia,” ujarnya penuh harap.