by

Buron 10 Tahun, Terpidana Pemalsuan Surat Ditangkap

Semarang: Buron kasus pemalsuan surat perusahaan mebel di Semarang pada 2007 silam atas nama Setyo Nuryanto (48) akhirnya ditangkap jajaran Kejaksaan Negeri Semarang dibantu Intelijen Kejati Jateng dan AMC Kejagung di rumahnya kawasan Ngaliyan Semarang pada Jumat (29/10/2021) sekitar pukul 08.30 WIB.

Asisten Bidang Intelijen Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Emilwan dalam keterangan tertulisnya yang diterima RRI Jumat 29 Oktober 2021 menyebut terpidana telah berkuatan hukum tetap sejak tahun 2011.

“Bahwa eksekusi dilakukan berdasarkan putusan Kasasi Nomor 829K/Pid/2011 tanggal 5 Oktober 2011, amar putusan berupa pidana penjara selama 9 (sembilan) bulan,” kata Asintel.

Penangkapan dijelaskannya, didahului pengintaian oleh tim kejaksaan.

“Bahwa pengamanan DPO tersebut telah dilakukan pengintaian sebelumnya dari Tim Intelijen Kejaksaan , dan selanjutnya ditindaklanjuti oleh tim Seksi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Kota Semarang untuk pelaksanakan eksekusi,” ujar Emilwan.

Menurutnya, sebelum diamankan terpidana sempat berupaya melarikan diri.

“Bahwa saat dilakukan pengamanan terpidana berupaya melarikan diri dan berhasil diamankan oleh tim pengamanan untuk dibawa ke Kantor kejaksaan negeri kota semarang,” tandasnya.

Adapun saat ini, terpidana telah ditahan di Lapas Kedungpane Semarang.

“Selanjutnya terpidana diserahkan kepada jaksa eksekutor untuk dieksekusi badan terhadap terpidana berdasarkan Putusan Mahkamah Agung Nomor : 829K/Pid/2011 tanggal 5 Oktober 2011 dilaksanakan dan terpidana di eksekusi untuk melaksanakan pidana penjara di Lapas Kelas IA Kedungpane,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *