by

Bukan Ancaman Global, WHO : Cacar Monyet Tidak Menjadi Masalah Kesehatan Dunia

Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut wabah cacar monyet saat ini tidak menjadi ancaman masalah kesehatan masyarakat global.

Pengumuman itu dibuat setelah direktur jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengadakan komite darurat tentang penyakit itu.

Mr Adhanom Ghebreyesus mengatakan dia “sangat prihatin” tentang berkembangnya ancaman cacar monyet, yang telah diidentifikasi di lebih dari 50 negara.

Komite mengatakan wabah itu harus “dimonitor dan ditinjau secara ketat setelah beberapa minggu”.

Tapi itu akan merekomendasikan penilaian ulang sebelum itu jika perkembangan baru muncul.

Sejauh ini, ada lebih dari 3.200 kasus yang dikonfirmasi secara global sejak Mei, termasuk setidaknya delapan kasus yang dikonfirmasi di Australia.

Angka resmi pada 15 Juni menunjukkan kasus yang dikonfirmasi Australia termasuk tiga di Victoria dan lima di New South Wales.

Direktur Jenderal WHO mengatakan komite telah menunjukkan bahwa cacar monyet telah beredar di sejumlah negara Afrika selama beberapa dekade dan telah diabaikan dalam hal penelitian, perhatian, dan pendanaan.

“Ini harus berubah tidak hanya untuk cacar monyet tetapi untuk penyakit terabaikan lainnya di negara-negara berpenghasilan rendah karena dunia diingatkan lagi bahwa kesehatan adalah proposisi yang saling berhubungan.”

Seorang ilmuwan Afrika terkemuka mengatakan penyakit “hanya menjadi keadaan darurat ketika negara-negara maju terpengaruh”.

Adhanom Ghebreyesus juga mengatakan bahwa apa yang membuat wabah saat ini terutama mengkhawatirkan adalah “penyebaran yang cepat dan terus menerus” ke negara-negara baru dan risiko penularan lebih lanjut ke populasi yang rentan termasuk orang-orang yang kekebalannya terganggu, wanita hamil dan anak-anak.

WHO mengatakan ada banyak hal yang tidak diketahui dan kesenjangan dalam data saat ini tentang wabah tersebut.

Para ilmuwan memperingatkan bahwa siapa pun yang dekat, kontak fisik dengan seseorang yang terinfeksi cacar monyet atau pakaian atau seprai mereka berisiko terkena penyakit ini.

Presentasi klinis cacar monyet menyerupai cacar, meskipun kurang menular dibandingkan cacar dan menyebabkan penyakit yang kurang parah.

Orang dengan cacar monyet sering mengalami gejala seperti demam, nyeri tubuh dan ruam. Sebagian besar pulih dalam beberapa minggu tanpa memerlukan perawatan medis. (Nto)