by

Buah Elai Khas Kalimantan yang Mirip Durian

Samarinda: Sepintas tidak ada perbedaan buah elai dan durian hanya saja kalau buah elai adalah tidak mengeluarkan bau menyengat seperti durian. Selain itu, rasa buah elai berbeda dengan durian.

Dari segi bentuk buah elai mirip durian hanya bentuknya lebih kecil. Asal buah elai dari Kalimantan dan, warna daging buah elai lebih mencolok dari buah durian. Buah elai warnanya mendekati oranye, sementara durian agak pucat. Sedangkan daging buah elai lebih kering dan kasar serta tidak memiliki kandungan kalori. Itu merupakan salah satu manfaat buah elai.

Kelebihan buah elai lainnya kaya akan kandungan serat, kalium, vitamin C, dan vitamin B Kompleks yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dan, buah elai ini juga memiliki kandungan triptofan yang cukup tinggi, sehingga dapat mempengaruhi mood.

Elai sudah cukup terkenal di Kalimantan Timur. Durian jenis ini memiliki keunggulan dari sisi tekstur, tidak basah, cita rasa dan aroma yang tidak menyengat dibanding jenis durian lain. Elai bisa jadi alternatif bagi mereka yang ingin makan durian tapi tidak suka bau menyengatnya.

Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara sedang mengembangkan wisata perkebunan buah yang bakal menjadi ciri khasnya. Sebuah konsep wisata di desa dengan melibatkan kreatifitas masyarakat desa.

Konsep wisata buah durian jenis elai diharapkan mampu menjadi kunikan Desa Batuah. Sebab, varian Elai di desa ini juga sudah cukup beragam. Di Desa Batuah, ada juga durian jenis mandong. Mandong adalah persilangan alami dari elai dan durian.

Rasanya mirip durian tapi tak mengeluarkan aroma durian yang banyak orang tak suka. Dagingnya tidak basah dan sangat lembut. Cocok bagi mereka yang ingin makan durian tapi kadang terganggu dengan aromanya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *