by

Brigita Kembalikan Uang Bupati Mamberamo Tengah

Jakarta: KPK menyebut presenter TVOne, Brigita Purnawati Manohara menerima uang dari Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak. Brigita mengaku uang yang diterimanya hampir setengah miliar rupiah.

“Rp 480 juta totalnya,” kata Brigita melalui keterangan tertulis, Selasa (26/7/2022).

Brigita mengatakan seluruh uang itu dikembalikan ke KPK hari ini. Pengembalian uang itu disebutnya untuk mempercepat pengusutan kasus dugaan suap dan gratifikasi di Mamberamo Tengah.

“Biar cepat beres,” ujar Brigita.

KPK mendalami dugaan aliran uang ke Brigita dari Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak. Brigita pun dipanggil sebagai saksi pada pemeriksaan Senin (25/7/2022).

Brigita mengaku menerima uang terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi di Mamberamo Tengah. Namun, dia enggan membeberkan nama pihak yang memberikan uang itu.

“Dugaan adanya aliran sejumlah uang dari Tersangka RHP (Ricky Ham Pagawak) ke beberapa pihak yang satu diantaranya diterima oleh saksi,” kata pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Selasa (26/7/2022).

Ricky Ham Pagawak merupakan tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi pelaksanaan berbagai proyek di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamberamo Tengah. Dia kini menjadi buronan karena mangkir dalam tiga kali pemanggilan penyidik KPK. Ricky diduga kabur ke Papua Nugini.