BPBD Belitung Ingatkan Masyarakat Pesisir Waspada Potensi Angin Kencang

0
(0)

Belitung – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengingatkan masyarakat pesisir di wilayah itu untuk mewaspadai potensi angin kencang dan gelombang tinggi akibat peralihan musim.

“Dengan kondisi alam seperti ini harus senantiasa waspada terutama untuk masyarakat pesisir pantai,” kata Plh Kepala BPBD Belitung Hendri Suzanto di Tanjung Pandan, Sabtu (10/10).

Menurut dia, memasuki minggu pertama dan kedua Oktober merupakan fase awal dari peralihan musim panas ke penghujan sehingga berpotensi menimbulkan hujan dengan intensitas lebat disertai petir, angin kencang dan gelombang tinggi.

Selain itu, lanjut Hendri, berdasarkan ramalan BMKG bahwa dampak fenomena La Nina di Samudera Pasifik akan terasa hingga wilayah Indonesia termasuk Belitung yaitu berupa peningkatan curah hujan mencapai 40 persen dalam beberapa hari ke depan.

“Jadi kita harus siap menerima keadaan alam yang bisa mengancam baik harta benda, nyawa dan sebagainya,” ujar dia.

Untuk itu, dirinya juga mengimbau kepada para nelayan yang akan turun melaut untuk memantau kondisi cuaca demi keselamatannya.

“Karena cuaca seperti ini memang sulit sekali diprediksi terlihat seperti cerah tetapi ketika sampai di laut untuk mencari ikan ternyata badainya datang,” katanya.

Dia menambahkan, masyarakat yang berada di daerah cekungan juga diminta untuk mewaspadai potensi genangan air sehingga menimbulkan banjir terutama ketika hujan lebat dan air laut dalam keadaan pasang.

“Namun untuk tanah longsor di tempat kita jarang terjadi karena di daerah pinggiran bukit memang jarang ada rumah penduduk,” ujarnya. (Aza/Ant)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tiga Lokasi di Pasar Rebo Dilanda Banjir akibat Hujan Deras

Sun Oct 11 , 2020
0 (0) Jakarta – Tiga lokasi di Pasar Rebo, Jakarta Timur, dilanda banjir akibat hujan deras. Ketinggian permukaan air bervariasi, Sabtu malam (10/10). “Sejak pukul 19.00 WIB banjir di Kecamatan Pasar Rebo terjadi di tiga lokasi akibat hujan deras yang turun sejak sore tadi,” kata Kasi Operasional Damkar Jakarta Timur […]