by

Fokus Lansia, Booster Vaksin Hari Ini

Jakarta: Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa booster vaksin yang berjalan hari ini, Rabu (12/1/2022) akan lebih terfokus pada lansia.

“Kemarin sudah dilakukan sosialisasi ke Dinas Kesehatan dan Puskesmas terkait, dan hari ini beberapa fakses kesehatan sudah bisa mulai vaksin booster khususnya pada lansia terlebih dahulu untuk prioritas diawal ini,” kata Nadia melalui wawancara Pro3RRI, Rabu (12/1/2022).

“Fokus kita saat ini pemberian vaksin kepada lansia mengingat lansia cakupannya saat ini untuk dosis 1 & 2 baru 9 juta atau 43 persen,” tambahnya.

Meskipun hari ini belum diketahui data berapa yang akan mendapatkan boster ini. Namun Nadia menjelaskan jika data akan terbaca di aplikasi PeduliLindungi.

“Mengenai siapa saja yang akan mendapatakan vaksinasi ini datanya telah kita masukkan dalam PeduliLindungi, jadi kemudian jika masyarakat ingin mengetahui khususnya lansia apakah sudah termasuk yang mendapatkan vaksinasi ini maka seharusnya bisa mengeceknya di aplikasi tersebut, kalau sudah teregritasi disana maka silahkan datang langsung ke fasilitas kesehatan,” jelas Nadia.

Booster vaksin yang berjalan hari ini hanya dilakukan di 273 Kabupaten/Kota yang memenuhi persyaratan dari cakupan vaksinasi dosis 1 nya lebih 70 persen dan dosisi 2 atau lansia lebih dari 60 persen. Dan vakinasi pada lansia yang booster bisa dilakukan dimana saja.

Pada prinsipnya Nadia menyebut bahwa pelaksanaan vaksin saat ini masih tetap sama. Dan ia juga menghimbau untuk para lansia untuk segera mendapatkan vaksin dosis ketiga ini.

“Artinya kondisi kesehatan harus dipersiapkan oleh para penerima, tetap berlaku hal yang sama proses skrining yang kita lakukan juga berlaku dalam hal yang sama,” pungkasnya.

Diketahui bahwa booster vaksin yang berlangsung hari ini menggunakan dosis vakin Pfizer, Astrazeneca dan Moderna.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *