by

Booster Kedua Covid-19 Dimulai Besok, Nakes Yang Duluan

Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerbitkan surat edaran terkait penyelenggaran vaksin booster kedua bagi tenaga kesehatan (nakes).

Vaksinasi dosis keempat itu, akan dimulai pada tanggal 29 Juli 2022.

“Rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization/ITAGI) berdasarkan surat nomor ITAGI/SR/11/2022 tanggal 27 Juni 2022, maka diperlukan upaya untuk memberikan vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 bagi SDM kesehatan,” dikutip dari surat edaran Kementerian Kesehatan yang dikeluarkan, Kamis (28/7/2022).

Sehubungan dengan hal tersebut, Kemenkes meminta kepada seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten/Kota, dan pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan untuk melaksanakan vaksinasi dosis keempat tersebut mulai esok hari.

Dalam surat itu, dijelaskan vaksin yang dapat digunakan untuk dosis booster kedua ini adalah vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan Persetujuan Penggunaan Dalam Kondisi Darurat atau tau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pemberian vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua, juga diberikan dengan interval 6 (enam) bulan sejak vaksinasi dosis booster pertama.

Terakhir, vaksinasi booster kedua bagi SDM kesehatan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan dan atau di pos pelayanan vaksinasi Covid-19.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, setidaknya terdapat 4 juta tenaga kesehatan di seluruh Indonesia yang akan mendapat dosis keempat vaksin Covid-19.

Budi menyebut, meski saat ini vaksin booster dosis ketiga telah berlangsung, imunitas dari vaksin tersebut menurun selama enam bulan.

“Vaksin keempat sekarang sudah kita bagi, kita utamakan nakes dulu. Karena sekarang sudah enam bulan, data menujukkan imunitas menjadi menurun,” kata Budi Gunadi Sadikin saat berkunjung ke Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (27/7/2022).