by

BMKG Rilis Peringatan Dini Gelombang di Perairan Jawa

Semarang: BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Tanjung Emas Semarang mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di wilayah perairan Laut Jawa.

Peringatan gelombang tinggi di perairan Laut Jawa bagian tengah dan Perairan Karimun Jawa, yang berlaku hingga Kamis (14/7/2022) pagi.

Dalam keterangan BMKG Maritim dari rilis diterima RRI, Rabu (13/7/2022), gelombang tinggi berpeluang terjadi mencapai 1.25 hingga 2.5 meter (sedang).

“Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan berkisar 5 hingga 25 Knot,” tulis Prakirawan BMKG Wahyu Sri.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 hingga 25 Knot,” sambungnya.

Adapun dalam kondisi ini kecepatan angin tertinggi, terpantau di Perairan Utara Sabang, Laut Natuna Utara.

Selain itu Perairan Kepulauan Babar- Kep Tanimbar, Perairan Kep Kei – Kep Aru, Laut Banda dan Laut Arafuru.

Ia berharap diperhatikan risiko tinggi keselamatan pelayaran, seperti perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry, kapal kargo/pesiar.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area berpeluang terjadi gelombang tinggi serta wilayah pelayaran padat, agar tetap selalu waspada,” imbaunya.