by

BMKG Prediksi Cuaca Jalur Pelabuhan Merak Aman

Jakarta: Penyebrangan jalur pelabuhan Merak, Banten menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung di perairan Selat Sunda bagian utara relatif aman. Hal itu, Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang Tarjono.

“Kami menjamin arus lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni relatif aman. Kondisi cuaca juga bersahabat,” kata Tarjono dalam keterangannya, Rabu (21/12/2022).

Adapun cuaca di Perairan Selat Sunda bagian utara pada 21 Desember 2022 diprediksi dengan ketinggian gelombang berkisar antara 0,50 centimeter hingga 1,25 meter. Ketinggian gelombang di Perairan Selat Sunda bagian utara itu masuk kategori rendah.

“Arus mudik Natal yang menggunakan jasa penyeberangan Kapal Ferry jalur lintasan Pelabuhan Merak-Bakauheni, Lampung dipastikan aman. Kami meyakini gelombang tinggi hingga 1,25 meter cukup normal untuk penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung itu,” ujarnya.

Sementara itu, ketinggian gelombang Perairan Selat Sunda bagian selatan Banten dan Samudera Hindia berkisar 2,50-4,00 meter. Cuaca di Perairan Selat Sunda bagian selatan Banten dan Samudera Hindia itu masuk kategori tinggi, karena adanya pengaruh dari siklon tropis Darian di barat daya selat Sunda.

“Nelayan dan pelaku pelayaran serta wisatawan waspada menghadapi gelombang ketinggian 4,00 meter. Kami minta peringatan waspada itu dipatuhi bagi nelayan, pelaku pelayaran dan wisatawan untuk menghindari kecelakaan laut,” katanya.