by

BMKG Goes To School Digelar

Aceh Singkil: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh Selatan menyelenggarakan BMKG Goes To School di Tiga Sekolah di Aceh Singkil, yaitu MAN 1 Singkil, MIN 1 Singkil, dan MTsn Singkil, Sabtu (13/11/2021).

Kegiatan dilaksanakan untuk kesiapan dini siswa/siswi dan para guru dalam menghadapi bencana gempa bumi dan Tsunami, bencana yang berpotensi tinggi terjadi di Kabupaten Aceh Singkil.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Aceh Selatan, Sugeng Prayitno, ST, mengatakan kegiatan BMKG Goes To School sebagai edukasi dini terkait Gempabumi dan respon saat menghadapi Gempabumi.

“Mengedukasi sedini mungkin, memberikan materi. Trus, responnya menghadapi guncangan gempa, selamatkan diri mandiri. Pengenalan akan gempa bumi dan tsunami, materi. Sesudah itu gladi menghadapi bencana Gempabumi dan Tsunami. Sudah itu evakuasi. Anak-anak keluar kelas memegang kepala dan lehernya sambil merunduk lari ke titik kumpul, yang ditunggu Kalaksa di tenda tempat titik kumpul,” kata Sugeng kepada RRI, Sabtu (13/11/2021).

Kepala Sekolah MAN Singkil, Elni Afrida, S.Si, mengapreasi kegiatan karena anak diberikan pemahaman tentang kebencanaan, sampai dengan simulasi cara menghadapi bencana.

“Sekitar 40 menit sosialisasi di dalam ruangan. Diberikan langsung simulasinya. Mereka sudah siapkan tenda untuk titik evakuasi awalnya. Jadi kami dari masing-masing madrasah yang tiga tadi begitu instruksi, anak-anak terus sembunyi di bawah bangku, di bawah meja. Setelah tenang gempanya, anak diajarkan untuk lari ke tenda evakuasi,” jelasnya.

Menurut Elni, materi dan simulasi yang disampaikan BMKG sangat mudah dipahami oleh siswa/i di sekolah tersebut. Dan seluruh anak juga sangat antusias dalam mengikuti seluruh kegiatan. (imr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *