by

BMKG: Aceh Singkil Miliki Potensi Gempa Bumi

Aceh Singkil: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Mencatat Aceh Singkil memiliki potensi tinggi bencana gempa bumi dan Tsunami. Aceh Singkil menjadi rawan bencana karena terletak di wilayah Pantai Barat Sumatera, yang juga merupakan wilayah yang memiliki tingkat kerentanan tinggi terhadap Gempa Bumi dan Tsunami.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Hartanto, ST, MM kepada RRI mengatakan mengingat potensi gempa maupun tsunami yang selalu ada, masyarakat dan Pemerintah Daerah dihimbau agar selalu siap siaga.

“Potensi-potensi tersebut selalu ada, tetapi kapan waktu terjadinya, inilah yang belum bisa kita prediksikan. Dan sampai sekarang belum ada metode dan upaya, kapan terjadinya potensi gempa itu. Untuk itu kami menghimbau seluruh masyarakat dan juga dibantu Pemerintah Daerah, untuk mempersiapkan masyarakat 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, selalu siap siaga terhadap potensi Gempa Bumi dan Tsunami,” papar Hartanto, Kamis (11/11/2021).

Dikatakan Hartanto, mengingat tingginya Potensi Bencana Gempabumi dan Tsunami di Aceh Singkil, BMKG berinsiatif melakukan Sekolah Lapang Gempabumi di Aceh Singkil. Kegiatan bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang siap untuk selamat.

“Ini adalah bentuk upaya Pemerintah agar masyarakat selalu siap siaga terhadap potensi-potensi gempa bumi dan Tsunami, dan mempersiapkan segala kondisi agar masyarakat selalu siap. Tentunya ini adalah agar masyarakat selalu siap untuk selamat,” imbuhnya.

Menyikapi potensi bencana yang tinggi di Aceh Singkil, Sekretaris Daerah Aceh Singkil berkomitmen akan mensinergikan kegiatan Sekolah Lapang Gempabumi yang dilaksanakan BMKG dengan program-program Pemerintah Daerah.

“Kita nanti akan mensinergikan ini, hasil yang mereka terima dengan program-program kita yang ada di BPBD. Bagaimana supaya masyarakat kita ini benar-benar tangguh, dan punya budaya yang sudah terbiasa ketika ada bencana gempa bumi dan tsunami, mereka sudah tau apa yang mereka lakukan, tidak panik lagi. Dan mereka harus mempersiapkan semacam tas untuk siaga. Kita akan sosialisasikan itu di masyarakat kita di Aceh Singkil ini,” kata Azmi.

Azmi mengatakan untuk keselamatan masyarakat Aceh Singkil, Pemerintah Daerah juga akan mempersiapkan jalur-jalur evakuasi bencana, yang juga merupakan kebutuhan mendesak masyarakat, agar selamat dari bencana. (imr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *