by

Blak-Blakan Buka Rahasia Menjadi Blogger Profesional

HarianNasional.Com, Yogyakarta – Menjadi seorang blogger profesional memiliki banyak keuntungan. Itu yang disampaikan oleh blogger Agi Tiara Pranoto dan Ririn Wandes dalam acara Niagahoster BlogVerse: Ngobrol Bareng Cara Menjadi Blogger Profesional, pada Selasa, 30 November 2021 lalu. Dua blogger profesional yang sudah aktif menggunakan top level domain sejak 2015 itu tanpa ragu membeberkan perjalanan mereka hingga menjadi seperti sekarang.

Agi yang merupakan seorang Lifestyle Blogger di DUCKOFYORK, mengaku sudah mulai nge-blog sejak 2007 dan mengikuti lomba blog pada 2015 yang kemudian hadiahnya digunakan untuk membuat top level domain. Sedangkan Ririn, memulai nge-blog sejak 2010 ketika masih duduk di bangku kuliah dengan membuat konten suka duka mahasiswa menggunakan platform Blogspot.

“Tahun 2015 saya ketemu komunitas Blogger Medan dan disarankan untuk beli domain. Karena saya suka jalan-jalan dan isi blognya juga tentang jalan-jalan, jadi saya beri nama Melalakcantik.com. Melalak itu artinya jalan-jalan dalam Bahasa Medan,” kata Ketua Komunitas Blogger Medan itu.

Untuk mencapai di titik saat ini sebagai blogger profesional, tentunya tidak sesederhana yang dibayangkan. Saat memulai, Ririn dan Agi dengan gencar membentuk branding blog mereka lewat media sosial. Setiap kali mereka mengunggah konten di blog, mereka selalu membagikannya ke media sosial atau pada teman-teman mereka.

“Udah nggak usah malu untuk membagikan link konten kita di media sosial atau ke teman-teman. Itu yang nantinya menguatkan personal branding kita. Selain itu juga banyak menjalin relasi dengan datang ke event-event. Pokoknya rajin ikut aja dulu untuk membangun jaringan,” saran Ririn.

Setali tiga uang, Agi juga mengungkapkan hal yang tidak jauh berbeda. “Trus sering-sering aja blogwalking. Tinggalkan komentar di postingan blogger lain dengan tulus. Meskipun blogger itu tidak membalas komentar kita, tapi yakin pasti nantinya mereka akan hafal dengan nama kita karena sering komen. Dari situ bisa memperluas jejaring. Our network is our net worth. Jadi jangan ragu untuk membangun relasi sebanyak-banyaknya dengan ikut komunitas, ikut event. Jangan takut sama omongan orang,” tambah Agi.

Dari menjadi blogger profesional, Agi dan Ririn pun mendapatkan banyak keuntungan. Salah satu yang pasti adalah di bidang finansial. Agi mengaku blognya membuka jalan untuk usaha-usahanya yang lain di berbagai lini. Ia juga jadi mengenal banyak orang yang sigap untuk membantunya di saat sulit. “Saat keluarga saya terkena Covid, teman-teman yang kenal dari blog justru yang lebih sigap untuk menolong,” ungkapnya.

Begitu juga dengan Ririn yang bekerja sebagai guru dengan gaji tidak seberapa, namun bisa traveling secara gratis hingga menginap di hotel bintang lima tanpa membayar sepeserpun.

Blog Masih Bisa Bertahan di Era Foto dan Video
Para peserta BlogVerse yang juga merupakan blogger pemula, secara aktif ikut berinteraksi dengan Agi dan Ririn. Tidak sedikit dari mereka yang menyampaikan keresahan tentang bagaimana meningkatkan rasa percaya diri untuk membuat konten blog. Untuk hal itu, Ririn memberikan semangat bagi para peserta.

“Lihat dan kenali diri sendiri, potensi apa yang kita punya. Kebermanfaatan seperti apa yang bisa kita berikan ke orang lain. Selagi konten blog kita ada yang membaca, meskipun hanya satu orang, itu berarti kita sudah memberikan manfaat pada orang lain. Dari situ, kepercayaan diri akan terus meningkat,” kata Ririn.

Pernyataan yang mengejutkan justru muncul dari Agi, karena ia mengaku sampai saat ini pun ia masih sering merasa tidak percaya diri. “Tapi saya abaikan masalah itu. Itu urusan belakang. Yang penting adalah kerjakan dulu aja, bikin konten dulu aja. Nggak PD, nggak apa-apa. Muka tebal aja. Meskipun dalam hati merasa ‘kok cuma gini?’, tapi justru dari situ kita bisa berkembang dengan memperbaiki lagi konten yang dirasa kurang. Lama-kelamaan kita akan merasa yakin,” tutur Agi.

Banyak juga peserta yang ragu dan mempertanyakan apakah blog masih akan bisa bertahan di era media sosial yang mengutamakan foto dan video. Tren yang sudah berubah di era digital ini, dikhawatirkan akan membuat blog menjadi tidak lagi diminati.

Dengan mantap, Agi menyangkal anggapan dan kekhawatiran tersebut. Wanita yang juga pernah berkecimpung di dunia streaming dan video itu sangat yakin bahwa blog masih akan bisa bertahan meskipun tren foto dan video serta media sosial menguasai dunia.

“Selama masih ada informasi yang kita sajikan di blog, blog akan terus bertahan di era apapun. Blog dengan isi informasi relevan masih akan banyak dicari orang. Blog berisi fiksi juga akan tetap menemukan pembacanya. Tapi tidak bisa kita pungkiri kalau kita juga harus pintar-pintar branding di media sosial menggunakan platform yang sesuai. Dengan foto atau video yang diposting di media sosial, kita bisa mengembangkan jangkauan blog ke lebih banyak orang,” papar Agi.

Menguatkan Blog untuk Menarik Pengunjung
Konten merupakan hal yang diutamakan dalam blogging. Namun, tampilan blog juga penting untuk diperhatikan bagi yang ingin menjadi blogger profesional. Tampilan blog yang menarik akan membuat pembaca betah dan terus mengeksplorasi isi blog. Apalagi di era visual ini, blogger harus pandai-pandai menarik perhatian pengunjung dengan tampilan blog yang menarik.

Akrilvha Deainert, Product Manager Niagahoster, yang juga menjadi salah satu pembicara dalam BlogVerse, memberikan insight mengenai hal tersebut. “Kita pastikan dulu mau membuat blog yang seperti apa, atau apa tema blog kita. Kalau inginnya blog berisi informasi aktual, bisa dibuat layaknya layout website berita yang susunan informasinya lebih clear,” kata wanita yang akrab disapa Dea itu.

Disarankan, blogger memilih platform dengan content management system (CMS) yang mudah dikustomisasi dan memiliki banyak pilihan tema yang mudah dieksplorasi. “CMS yang paling banyak digunakan di dunia adalah WordPress, karena CMS ini mudah dikustomisasi, menyediakan banyak tutorial yang bisa dieksplorasi, banyak plugin yang bisa digunakan untuk keamanan dan meningkatkan performa website hingga ke SEO, temanya juga beragam dan banyak sekali tema gratis yang memiliki desain interaktif,” lanjutnya.

Membuat blog juga akan semakin mudah dengan layanan hosting Niagahoster yang memberikan fitur Auto Install Website WordPress. Apalagi karena masih ada promo hosting hingga 80% dalam rangka Anniversary Niagahoster sampai 15 Desember 2021.

Agi menambahkan, tidak perlu overthinking tentang jumlah pengunjung dan pembaca. Apalagi sampai membeli backlink agar angka DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) tinggi. “Jangan menilai blog hanya dari angka tanpa vision dari blog. Jangan pakai jalan pintas dan pakai saja cara organic dengan membuat konten berkualitas dan tampilan menarik. Kalau masih bingung, tinggal mampir aja ke website Niagahoster. Di sana lengkap sekali membahas tentang bagaimana cara menguatkan blog,” tuturnya.

Acara BlogVerse Niagahoster menjadi wadah sharing bagi para blogger yang diharapkan bisa diadakan secara rutin untuk memberikan banyak insight dan pengetahuan baru bagi blogger pemula. Sehingga, lahir blogger-blogger profesional baru dengan konten yang berkualitas. Blogger juga bisa menemukan banyak panduan cara membuat website dengan WordPress serta cara optimasinya di Niagahoster blog dan e-book.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *