Tuesday, April 20

Besok Matahari di Atas Ka’bah, Saat Tepat Menentukan Arah Kiblat

Jakarta – Posisi matahari kembali tepat berada di atas Kabah di Mekah, Arab Saudi, pada 27 dan 28 Mei 2020. Melansir laman Instagram resmi BMKG, posisi matahari akan tepat di atas kiblat umat Islam sedunia tersebut.

Saat posisi itulah, waktu yang tepat bagi umat Islam untuk mengecek kembali arah kiblat.

Diinformasikan oleh BMKG melalui laman media sosialnya jika besok dan lusa tepat pukul 16.18 WIB Posisi Matahari tepat di atas Kabah. Kondisi ini merupakan momen yang tepat menetapkan arah kiblat.




Caranya tinggal meletakkan benda berbentuk batang secara tegak lurus lalu tandai arah bayangan yang dihasilkan menggunakan benang atau spidol.

Arah kiblat yang benar adalah arah yang ditunjukkan dari ujung bayangan menuju batang. Demikian posting BMKG di akun instagramnya.

Fenomena matahari di atas kabah terjadi dua kali dalam setahun. Waktunya sendiri pada 27 dan 28 Mei, dan 15 dan 16 Juli.

Kiblat merupakan acuan umat muslim melaksanakan ibadah shalat, sehingga mengetahui arah kiblat yang tepat merupakan suatu keharusan.

Menurut astronom, menentukan arah kiblat paling mudah tapi dengan akurasi tinggi yaitu ketika matahari berada diatas Ka’bah.(EP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *