by

Berusia Lanjut, Satu Suspek Monkeypox Asal Jateng

Jakarta: Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mmbenarkan adanya satu suspek baru kasus cacar monyet atau monkeypox di Indonesia.

Menurutnya, satu orang suspek tersebut merupakan seorang Warga Negara Indonesia (WNI) asal Jawa Tengah yang berusia 55 tahun.

“Seorang laki-laki, 55 tahun, bukan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN,)” kata Syahril dalam keterangan tertulis, Rabu (3/8/2022).

Meski demikian, ia enggan menyebut kapan kejadian warga tersebut mengalami gejala monkeypox.

Sementara itu, satu suspek tersebut saat ini sedang menunggu pemeriksaan tes PCR untuk memastikan apakah ia benar terinfeksi cacar monyet atau bukan.

“Suspek monkeypox saat ini di rawat isolasi di salah satu RS Swasta di Jawa Tengah untuk perawatan dan pemeriksaan lanjut untuk memastikan cacar monyet atau bukan. Akan dilakukan pemeriksaan lab PCR untuk memastikannya,” tambahnya.

Syahril pun meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik terhadap suspek baru itu.

Menurutnya, bisa saja suspek hanya sakit cacar biasa. Karena gejala cacar biasa dengan cacar monyet hampir sama.

“Bisa saja hanya cacar biasa atau penyakit lain bukan monkeypox,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan ada 9 warga negara Indonesia yang baru datang dari negara endemik cacar monyet. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan hasil uji laboratorium terhadap sembilan pasien yang berstatus terduga cacar menunjukkan hasil negatif.

“Sampai saat ini sudah ada tersangka-nya sekitar sembilan pasien, tersebar di seluruh Indonesia. Tapi kita sudah tes di Jakarta dan semuanya menunjukan hasil negatif,” kata Budi Gunadi Sadikin usai Peluncuran Platform SatuSehat di Hotel Raflles Jakarta, Selasa (26/7/ 2022).