by

Bersihkan Sampah Sungai Ciliwung, Kolaborasi Tiga Lembaga

Jakarta: Pemprov DKI Jakarta, Kodam Jaya dan PT Pamunah Prasada Limbah Industri (PPLI) berkolaborasi membersihkan sampah di Sungai Ciliwung Jakarta. Kegiatan yang dilakukan Sabtu (18/6/2022) ini bertujuan mencegah banjir dan penyumbatan aliran sungai Ciliwung.

“Kami dari Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI terus berupaya kelestarian sungai Ciliwung. Kami punya badan khusus yakni UPK badan air. Itu punya tugas jaga kebersihan dari sungai dan kali,” ujar Kadis Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto kepada wartawan di lokasi.

Manajer Humas PPLI, Arum Tri Pusposari mengatakan, pihaknya sengaja menggandeng banyak lembaga dan komunitas untuk bersama-sama menjaga sungai Ciliwung.

“Kami di sini melakukan gerakan bersama bebersih sungai Ciliwung yang kita laksanakan 3 hari. Yakni mulai dari Kamis, Jumat, dan sampai Sabtu,” ujar Arum.

Sebanyak 200 personel gabungan pun dikerahkan dalam sisir sungai Ciliwung. Selain membersihkan sampah, kegiatan ini juga menebar bibit ikan ke sungai Ciliwung. Arum menegaskan, PPLI akan terus melakukan kegiatan pelestarian di sungai yang melewati Jakarta tersebut.

“Ini perdana buat PPLI tapi kami berkomitmen untuk buat sungai Ciliwung kembali lestari. Jadi kami harap ke depan tidak berhenti di sini dan bisa jadi motivasi buat lembaga lain. Dengan ikut berpartisipasi bersama bersihkan sungai Ciliwung,” kata Arum.