by

Berpotensi Hujan Lebat, BMKG Catat Sejumlah Wilayah Indonesia

Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan seluruh wilayah Indonesia berpotensi dilanda hujan lebat. Bahkan hingga sangat lebat, selama periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Adapun wilayah yang terdampak hujan lebat hingga sangat lebat di antaranya Banten, Jawa Barat. Kemudian Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

“Sementara wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat terjadi pada daerah Aceh, Lampung, Sumatera Selatan. Termasuk DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangannya, Selasa (27/12/2022).

Baca juga: BMKG Prakirakan Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Indonesia‚Äč

Selain itu, kata dia, meningkatnya intensitas seruakan dingin Asia yang dapat meningkatkan kecepatan angin permukaan di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan. Serta meningkatkan potensi awan hujan di sekitar Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara.

“Dinamika atmosfer lainnya yaitu adanya indikasi pembentukan pusat tekanan rendah di sekitar wilayah perairan selatan Indonesia. Ini dapat memicu peningkatan pertumbuhan awan konvektif yang cukup masif dan berpotensi menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi,” ujarnya.