by

Belum Memberlakukan Usulan Menteri PMK Bandara Soetta

Tangerang : PT Angkasa Pura II selaku operator Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten belum memberlakukan aturan yang diusulkan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan atau PMK, Muhadjir Effendy.

Akan tetapi, masih masih mewajibkan tes PCR sebagai syarat penerbangan Surat Edara Satgas Covid-19 Nomor 54 tahun 2021 dan Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 93 tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19.

“Calon penumpang di Bandara Soetta masih wajib menggunakan tes PCR sebagai syarat perjalanan,” ungkap M Holik Muardi, Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soetta kepada rri.co.id, Senin (1/11/2021).

Menurut Holik, hingga saat ini calon penumpang dari Bandara Soetta masih belum diizinkan menggunakan tes antigen sebagai syarat perjalanan.

Holik menyatakan, pihaknya akan menerapkan aturan baru bila sudah dikeluarkannya adendum atau surat edaran dari Kementerian Perhubungan dan Satgas Covid-19.

“Jadi intinya, kami menunggu adendum atau ada SE terbaru, dalam hal ini dari Kemenhub dan Satgas Covid-19,” tegasnya.

Saat ditanya apakah pihaknya akan menyesuaikan teknis saat peraturan baru itu diterapkan? Holik mengaku, belum mengetahui hal hal tersebut. Di satu sisi, peraturan baru itu meringankan calon penumpang pesawat.

“Karena secara aturan itu tidak memberatkan penumpang. Menurut saya meringankan,” sebutnya.

Dikonfirmasi terpisah, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati menyatakan, aturan soal penggunaan tes antigen itu memang belum diterapkan di Bandara Soetta atau bandara lain.

“Untuk implementasinya kami masih menunggu penetapan melalui Inmendagri dan SE Satgas Covid-19, seperti yang jadi rujukan kami dalam menyusun ketentuan syarat perjalanan dalam negeri,” ucapnya.

Diketahui, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah telah menetapkan perjalanan udara ke Pulau Jawa dan Bali serta ke luar Pulau Jawa dan Bali tidak lagi diwajibkan menggunakan tes PCR. Melainkan hanya menggunakan tes swab antigen saja.

Menurut Muhadjir, usulan perubahan syarat utama untuk perjalanan menggunakan pesawat terbang disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam rapat terbatas bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *