by

Belitung Masuki Masa ‘Kurang Hujan’

Belitung Timur: Wilayah Kepulauan Belitung meliputi Pulau Belitung dan pulau-pulau di sekelilingnya, saat ini memasuki masa ’kurang hujan’.

Disebut masa kurang hujan, karena memang wilayah ini memiliki tipe iklim ekuatorial, seperti disampaikan Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III H. AS. Hanandjoeddin Belitung, Carles.

“Untuk kondisi cuaca di Kepulauan Belitung memang saat ini memasuki masa kurang hujan ya, bukan kemarau, karena tipe iklim Kepulauan Belitung ini tipe iklim ekuatorial, artinya bisa dipastikan hampir setiap bulan itu ada hujan,” katanya kepada RRI.co.id, Selasa (10/8/2021).

Namun ditambahkannya, meski setiap bulan dipastikan akan ada hujan di Kepulauan Belitung ini, namun intensitasnya berbeda.

Sebagai daerah iklim ekuatorial, wilayah Kepulauan Belitung memiliki distribusi hujan bulanan bimodial dengan 2 (dua) puncak musim hujan.

“Intensitasnya (hujan) ada yang besar ada yang kecil. Ada dua puncak musim hujan setiap tahun itu, yang pertama itu sekitar Maret sampai April, dan puncak kedua November sampai Desember,” tutupnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *