by

Begini Suara-suara yang Disadap dari Planet Mars

Washington: Penjelajah Perseverance NASA merekam suara Mars hingga lima jam suara, memberikan gambaran kepada para insinyur perasaan bagaimana Planet Merah terdengar berbeda dari Bumi.

NASA sekarang memiliki situs web rover Perseverance yang diisi dengan audio Mars, mulai dari hembusan angin hingga suara rover mengemudi saat mencari tempat untuk berburu tanda-tanda kehidupan di Planet Merah.

“Sepertinya Anda benar-benar berdiri di sana,” kata Baptiste Chide, seorang ilmuwan planet yang mempelajari data dari mikrofon Perseverance, mengatakan dalam sebuah pernyataan dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, seperti dikutip dari Space.com, Minggu (24/10/2021).

“Suara Mars memiliki getaran bass yang kuat, jadi ketika Anda memakai headphone, Anda benar-benar dapat merasakannya. Saya pikir mikrofon akan menjadi aset penting bagi Mars dan ilmu tata surya masa depan,” tambah Chide, yang bekerja di Institut Penelitian Astrofisika dan Planetologi Prancis.

Perseverance membawa dua mikrofon. Sistem kamera Entry, Descent, dan Landing-nya mencakup mikrofon komersial siap pakai yang dibuat oleh perusahaan Denmark DPA Microphones. Insinyur Rover masih menggunakan mikrofon untuk menangkap suara di permukaan, bersama dengan mikrofon kedua: perangkat lain yang tersedia di dalam instrumen SuperCam yang memukau.

Mikrofon SuperCam sangat membantu JPL mempelajari lebih lanjut tentang lingkungan di Kawah Jezero, di mana Perseverance telah menjelajah selama sekitar tujuh bulan Bumi.

“Beberapa dari rekaman itu mengajarkan para ilmuwan tentang perubahan atmosfer planet; bagaimana suara bergerak melalui getaran di udara,” kata JPL.

“Dari tempat bertenggernya di tiang Perseverance, mikrofon SuperCam berlokasi ideal untuk memantau ‘mikroturbulensi’ — perubahan menit di udara — dan melengkapi sensor angin khusus rover, yang merupakan bagian dari rangkaian alat atmosfer yang disebut MEDA, kependekan dari Mars Environmental Dynamics Analyzer.”

Sensor MEDA dirancang untuk mengumpulkan sampel satu hingga dua kali per detik hingga dua jam setiap kali, mengambil informasi tentang kecepatan angin, tekanan, dan suhu. Di sisi lain, SuperCam dapat membunyikan data dengan kecepatan 20.000 kali per detik, tetapi dalam jangka waktu yang jauh lebih singkat beberapa menit, menurut JPL.

Satu kejutan besar dari misi tersebut adalah ketika Perseverance mampu mendengar suara dengung rotor drone Ingenuity pada 30 April dari jarak 80 meter. Atmosfer Mars jauh lebih padat daripada atmosfer Bumi dan karenanya, para ilmuwan tidak yakin mereka akan dapat mendengar suara bernada tinggi sama sekali.

Audio berguna untuk penyelidikan mulai dari bagaimana suara menyebar di Mars, dan menjaga Perseverance terpelihara dengan baik (dengan cara yang mirip dengan mendengarkan mesin mobil sebagai tanda-tanda masalah).

“Kami secara rutin mendengarkan perubahan pola suara pada rover uji kami di Bumi, yang dapat menunjukkan ada masalah yang perlu diperhatikan,” Vandi Verma, chief engineer Perseverance untuk operasi robot di JPL, mengatakan dalam pernyataan yang sama.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *