Begini Jadwal Libur & Cuti Bersama Idul Adha 2024 Menurut SKB 3 Menteri

Jakarta – Sebentar lagi Hari Raya Idul Adha akan segera tiba, Bunda. Karena itu, Bunda dan Ayah perlu mengetahui jadwal libur serta libur bersama, nih.

Jakarta – Hari Raya Idul Adha sendiri merupakan hari untuk memperingati kurban. Di hari ini, umat Muslim di seluruh dunia akan menyembelih hewan kurban seperti sapi, kerbau, domba, dan kambing.

Perayaan Idul Adha juga merupakan suatu bentuk ketaatan umat Muslim atas perintah Allah SWT. Kurban sendiri pertama kali dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS yang bersedia mengorbankan sang putra, Nabi Ismail AS, sebagai bentuk kepatuhannya kepada Allah SWT.

Jadwal cuti bersama Hari Raya Idul Adha 2024
Idul Adha diperingati setiap tahunnya pada 10 Zulhijah berdasarkan penanggalan Hijriah, Bunda. Berdasarkan kalender resmi, tahun ini Hari Raya Idul Adha akan jatuh pada hari Senin, 17 Juni 2024.
Meski begitu, penetapan Idul Adha 2024 tetap harus melalui sidang isbat yang kelak akan digelar oleh pemerintah.

Baca Juga : 30 Kata-kata Mutiara tentang Kurban Idul Adha, Penuh Makna Bersyukur & Menyentuh Hati
Sementara itu, melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, pemerintah telah menetapkan libur nasional dan cuti bersama Idul Adha 2024. Berikut ini jadwalnya:

Senin, 17 Juni 2024 (libur nasional Idul Adha).
Selasa, 18 Juni 2024 (cuti bersama Idul Adha).
Tidak seperti bulan April dan Mei, bulan Juni tidak memiliki banyak tanggal merah, Bunda. Bulan Juni hanya memiliki tanggal merah pada momen Idul Adha.

Namun, tidak perlu khawatir. Hal ini karena libur dan cuti bersama Idul Adha berlangsung pada hari Senin, Bunda bisa mengambil jadwal long weekend Idul Adha dengan jadwal berikut:

Sabtu, 15 Juni 2024
Minggu, 16 Juni 2024
Dengan demikian, bisa menikmati momen Idul Adha bersama keluarga dalam durasi libur yang cukup panjang.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *