by

Basket Putra Papua Akhiri Puasa Kemenangan

Mimika: Dribbling cantik yang diakhiri shooting sang kapten Rezha Butar-Butar, memantapkan kemenangan tim Basket Putra tuan rumah Papua, atas Sulawesi Utara (Sulut) dengan skor 62 – 74, Rabu (6/10/2021).

Hasil tersebut mengakhiri hasil minor tim basket tuan rumah, dari 3 kekalahan beruntung yang diderita selama berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, yang diselenggarakan di Mimika Sport Complex (MSC), Kabupaten Mimika.

Selama pertandingan di quarter pertama hingga ketiga, Sulut terus unggul dengan skor 17-12 diquarter pertama, 32-18 quarter kedua, dan 49-47 diquarter ketiga.

Memasuki quarter terakhir, skor kedua tim saling kejar, namun defend yang diperagakan para pemain tuan rumah mampu menahan agresifitas para pemain Sulut yang digalang Mamahit Pontoh.

Sebaliknya, tembakan serangan Papua berhasil menembus pertahan Sulut, serta beberapa kali tembakan 3 angka yang dilakukan Christofell Saudale semakin memperlebar skor, hingga terpaut 5 bola untuk keunggulan Papuac di dua menit menjelang pertandingan berakhir.

Rezha Butar-Butar, Rabu (6/10/2021) mengatakan, kemenangan ini bisa menyatakan Papua bisa bersaing dengan beberapa provinsi di cabang olahraga Basket.

Ia menambahkan,evaluasi dari pelatih di tiga pertandingan awal, menjadi modal untuk terus berbenah sekaligus memperbaiki kesalahan.

“Meski kami kalah tiga kali, kami tetap semangat, kemenangan ini untuk masyarakat Papua, dan kemenangan ini membuktikan bahwa Papua bisa,” ungkap Reza.

Sementara itu pelatih Sulut, Roland Lengkong menyebut, permainan Papua cukup solid. Hal ini membuat anak asuhanya kewalahan mengimbangi permaianan, karena cukup disiplin dalam bertahan dan sekaligus meredam strategi yang dilakukan pada pertandingan ini.

“Kami akui hari ini kami kalah dengan Papua, mereka tampil cukup rapi, disiplin, sekali lagi hari ini Papua Amazing,” ungkap Roland Lengkong, Rabu (6/10/2021).

Meski kalah dari Papua, Sulut tetap lolos ke semifinal hasil 3 kali kemenagan melawan Jawa Timur, Kepulauan Bangka Belitung dan Bali. Sulut akan didampingi pemenangan antara Jawa Timur atau Bali, yang akan bertanding pada hari ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *