by

Basarnas Babel Ingatkan Waspada Angin Kencang

Pangkal Pinang: Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkal Pinang Basarnas Bangka Belitung mengingatkan nelayan dan masyarakat yang beraktifitas di perairan laut Bangka Belitung untuk waspada terhadap angin kencang.

Hosting Unlimited Indonesia

Kepala Subseksi Operasi dan siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkal Pinang Basarnas Bangka Belitung Danu Wahyudi menyatakan, berdasarkan prakiraan, angin kencang disertai hujan bakalan terjadi pada beberapa hari ke depan.

“Jadi untuk diperhatikan lagi para nelayan alat keselamatannya pada saat berada di perairan laut baik yang mencari ikan maupun kegiatan masyarakat seperti mukat (Mencari Ikan dengan Jaring) dan mancing,” katanya kepada rri.co.id di Pangkal Pinang, Selasa (14/9/2021).

Angin kencang menurutnya menjadi penyebab gelombang tiba-tiba tinggi seperti yang terjadi pada kurun waktu terakhir.

“Semalam juga angin kencang itu kondisi yang memang terjadi, ombakpun tinggi sampai subuh pagi hari baru mereda dan tenang,” ujarnya.

Sementara itu, akhir-akhir ini di wilayah kepulauan Bangka Belitung terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh ombak tinggi dan angin kencang. Bahkan beberapa di antara kejadian laka laut terdapat korban jiwa.

Tidak hanya itu, BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I depati Amir Pangkal Pinang juga telah mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai bencana Hidrometrologi dimana selama sepekan kedepan kejadian hujan akan lebih intens terjadi. (WS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *