Friday, May 7

Bareskrim Selidiki Pria yang Mengaku Nabi ke-26

Jakarta: Penyidik Bareskrim Polri, terus mendalami video viral yang memperlihatkan seorang pria mengaku sebagai nabi ke-26 bernama Jozeph Paul Zhang.

Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol. Agus Andrianto menyebut, pihaknya sedang melengkapi dokumen penyidikannya.

“Sedang didalami, lengkapi dokumen penyidikannya,” kata Komjen Pol. Agus Andrianto, Minggu (18/4/2021) dilansir Antara.

Berdasarkan data perlintasan Imigrasi, Jozeph Paul Zhang diketahui telah meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018 silam.

Kata Agus, penyidik Bareskrim Polri sejak awal sudah menduga Jozeph Paul Zhang tidak berada di Indonesia.

Meski demikian, hal tersebut tidak menghalangi pihaknya guna melakukan penyelidikan terkait kasus dugaan penistaan agama tersebut.

“Kami berkoordinasi dengan Imigrasi dengan baik. Data yang bersangkutan (Jozeph Paul Zhang, red.) meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018 dan tercatat belum kembali,” sebutnya.

Menurut Agus, Jozeph Paul Zhang mengetahui bahwa banyak warga Indonesia yang mudah marah, sehingga membuat konten video yang memancing emosi masyarakat ini.

“Dia tahu akhir-akhir ini banyak warga Indonesia gampang sekali marah. Ngomong-lah seperti di video yang viral. Semoga hari kemarin enggak banyak yang batal puasanya,” lanjutnya. Terkait dengan kasus ini, Agus memastikan kepolisian akan turun tangan menjalankan tugas pokok kepolisian.

Agus mengimbau kepada masyarakat yang tengah menjalani ibadah puasa, untuk tidak mudah terprovokasi dan selalu mendoakan kebaikan-kebaikan bagi bangsa Indonesia.

“Hakikatnya puasa salah satunya menahan diri dari segala sesuatu, cara manusia merespons atas sesuatu yang terjadi menunjukkan kualitas diri tiap insan,” kata Agus.

Sebelumnya, seorang pria bernama Jozeph Paul Zhang mengaku sebagai nabi ke-26. Bahkan dia menantang semua pihak untuk melaporkannya ke polisi.

Pernyataan ngawurnya itu diungkapkan melalui video yang viral di media sosial.

Terduga pelaku membuat video dalam forum diskusi zoom. Kemudian, menggunggahnya ke akun channel Youtube miliknya atas nama Jozeph Paul Zhang dengan tema “Puasa Lalim Islam”, yang berdurasi sekitar 3 jam 2 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *