Saturday, June 19

Banyak Kursi dan Pagar Besi Obyek Wisata Dicuri Saat Pandemi

Jakarta – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin Ikhsan Al-Haq mengatakan terjadi banyak kasus pencurian terhadap fasilitas objek wisata pada masa pandemi COVID-19.

“Kursi-kursi santai di objek wisata siring sungai dan di trotoar Jalan A Yani juga di Jalan Sudirman banyak yang hilang diambil oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin.

Tidak hanya kursi yang hilang namun juga besi pagar siring sungai juga ada yang raib. Selain itu juga ada yang dirusak oleh tangan jahil.

“Bahkan kamera CCTV juga dicuri, kalau bola lampu itu sudah tidak terhitung lagi,” papar Ikhsan.

Ia mengatakan, pada masa pandemi COVID-19 objek wisata siring Sungai Martapura ditutup sementara untuk kegiatan wisata. Hal ini dimanfaatkan oknum tertentu untuk melakukan pencurian karena sepinya daerah wisata tersebut.

Dia menyatakan sudah meminta Unit Pelaksanaan Tugas (UPT) di objek wisata siring Sungai Martapura di Jalan Piare Tender untuk tidak lengah menjaga fasilitas wisata di daerah tersebut.

“Ini jangka pendeknya dulu, bersama aparat di sana untuk menjaga aset-aset tidak dicuri atau dirusak lagi,” ujarnya.

Dia juga meminta pada pihak UPT untuk melaporkan ke aparat berwajib hilangnya sejumlah fasilitas pariwisata.

“Memang sulit juga menjaga objek wisata itu, karena terbuka, kan tidak mungkin mengawasi 24 jam,” papar Ikhsan.

Karena itu, pihaknya sudah mengusulkan agar wilayah objek wisata siring sungai dipagar dan dibuat jalur pintu masuknya. “Jadi lebih maksimal pengawasan kalau demikian,” ujarnya.

Ikhsan menambahkan hingga kini pemerintah kota belum membuka semua objek wisata termasuk siring sungai. Pemkot masih menerapkan protokol kesehatan ketat dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro.

“Karena kasus COVID-19 di daerah kita masih tinggi, jadi semuanya harus menyadari itu, sabar dulu untuk berwisata di mana banyak kerumunan di sana,” katanya. (EP/Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *