by

Bantu Korban Semeru, ACT Kirim 100 Ton Logistik

Jakarta: Lembaga filantropy Aksi Cepat Tanggap (ACT) melepas 100 ton bantuan logistik kepada korban bencana alam erupsi Gunung Semeru.

Presiden ACT, Ibnu Hajar, mengatakan, bantuan yang didistribusikan di antaranya 50 ton beras, 2.000 karton air minum wakaf, dan 10 ton daging ayam beku.

“Sebanyak 12 mobil truk kemanusian kita kirim hari ini. Unit itu berisikan bantuan logistik untuk mensuport kebutuhan pangan korban erupsi Gunung Semeru,” kata Ibnu Hajar kepada RRI.co.id di gudang Wakaf Distribution Center, Cileungsi, Senin (6/12/2021).

Ia menuturkan, bantuan didistribusikan karena melihat kondisi Semeru yang semakin mengkhawatirkan dan dalam kondisi krisis kemanusiaan.

“Erupsi itu banyak makan korban. Luka ringan dan luka berat sebanyak 56 orang. Sedangkan meninggal dunia sebanyak 14 orang,” ungkapnya.

Ibnu Hajar menegaskan, bahwa bantuan akan terus didistribukan hingga kondisi Semeru membaik, dan kondisi masyarakat kembali stabil.

“Apabila 12 truk kemanusiaan yang berisi kebutuhan logistik habis, kemudian keadaan Semeru belum juga stabil, akan kami kirim lagi kebutuhan pangan mereka hingga kondisi mereka pulih,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Antar Umat Beragama, Buya Yusnar Yusuf, menyebut, akan terus mendukung agenda kemanusiaan lembaga filantropy Aksi Cepat Tanggap.

“Semua yang berkaitan dengan aksi sosial, MUI menyatakan, semua yang didistribusikan adalah halal dan toyyib. Kami dukung aksi kemanusiaannya,” pungkas Buya Yusmar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *