by

Bandara Soetta Siap Kembali Berangkatkan Jamaah Haji

Tangerang: Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, siap memberangkatkan 29 ribu calon jamaah haji periode 2022.

Senior Manajer Komunikasi dan Hukum PT Angkasa Pura II Bandara Soetta M Holik Muardi mengatakan, pada tahun ini, 29 ribu calon jamaah haji yang akan diterbangkan itu berasal dari berbagai embarkasi.

“Ada sekitar 29 ribu calon jemaah haji tahun ini yang akan datang dan berangkat di Bandara Soetta,” ungkapnya kepada RRI.co.id di Tangerang, Jumat (20/5/2022).

Menurut Holik, ini adalah kali pertama Bandara Soetta mulai memberangkatkan calon jamaah haji setelah dua tahun dihantam pandemi Covid-19.

Terminal 2F nantinya akan dijadikan pusat pelayanan calon jemaah haji.

“Kami sudah persiapkan Terminal 2F sebagai terminal khusus keberangkatan dan kedatangan calon jamaah haji tahun ini,” ucapnya.

BACA JUGA: Penumpang Bandara Soetta Masih Wajib Mengenakan Masker

“Secara fasilitas dan SDM (sumber daya manusia, red) kita sudah siapkan, dan juga tentu kita koordinasikan dengan Bea Cukai, Imigrasi Bandara Soetta, dan KKP,” sambungnya.

Skema keberangkatan untuk para calon jamaah haji pun tergolong lebih simpel dibandingkan penumpang internasional reguler.

Sebab, semua proses keimigrasian akan dilakukan di setiap asrama haji yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Sehingga, begitu tiba di Bandara Soetta, para calon jamaah haji akan langsung naik ke pesawat terbang.

“Segala proses keimigrasian dilaksanakan di asrama haji baik itu di Bekasi, maupun di Pondok Gede. Dan jamaah akan diangkut menggunakan bus melalui sisi udara langsung ke belakang Terminal 2F dan langsung ke pesawat,” terangnya.

Penerbangan perdana haji di Bandara Soetta akan dilakukan pada awal pekan pertama Juni 2022.

Oleh karena itu, pada periode Juni-Agustus 2022, jumlah penumpang di bandar udara terbesar di Indonesia ini akan kembali meroket jumlahnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, periode ‘peak season’ nanti adalah liburan sekolah.

Kemudian penerbangan haji 1443 Hijriayah/2022 Masehi, serta libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023.

“Musim liburan sekolah pada Juni, keberangkatan dan kedatangan penerbangan haji di bandara-bandara Angkasa Pura II pada Juni – Agustus, serta libur Natal pada Desember 2022 – Januari 2023,” kata Awaluddin.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.