Bandara Dibuka Lagi, Ini Pesan Perhimpunan Dokter ke Menhub

0
(0)

Jakarta – Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Penerbangan Indonesia (Perdopsi) angkat bicara mengenai kebijakan dibukanya kembali transportasi umum, khususnya pesawat terbang oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Organisasi itu menyatakan, mereka menyanyangkan kebijakan itu mengingat situasi pandemi masih belum mencapai titik puncak, apalagi menuju akhir.

Perdopsi lalu memberikan beberapa rekomendasi yang ditujukan untuk Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Perdopsi menekankan agar Kemenhub menerapkan aturan kelengkapan persyaratan kesehatan dan persyaratan lainnya kepada para calon penumpang pesawat.

“Kelengkapan itu selama masa pandemi Covid-19 dan dilakukan di luar bandara (diutamakan secara daring/online) sebelum calon penumpang masuk bandara. Sehingga, proses check in dapat berjalan cepat dan sesuai aturan physical distancing yang telah ditetapkan,” ungkap Perdopsi dalam keterangan resminya, Senin (18/5).




Perdopsi menyatakan, bagi calon penumpang yang jelas-jelas tidak memenuhi syarat, seharusnya sudah tersaring sebelum masuk bandara. Organisasi dokter itu juga mengimbau otoritas bandara untuk menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan juga masker gratis, jika ada calon penumpang atau petugas bandara yang maskernya rusak atau kotor.

Lebih lanjut, Perdopsi juga menegaskan, pihak bandara harus menerapkan penegakan hukum secara tegas terhadap para penumpang. Sanksi bisa berupa pelarangan atau pengaturan ulang keberangkatan demi keselamatan bersama.

Selain itu, rekomendasi juga diarahkan kepada pihak maskapai penerbangan. Perdopsi mendesak para maskapai menyediakan call center untuk melengkapi persyaratan kesehatan. Dengan begitu, urusan administrasi keberangakatan tidak menimbulkan kerumunan seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di Bandara Soekarno-Hatta. (AIJ)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Perdospi Tak Setuju Pembukaan Kembali Penerbangan oleh Kemenhub

Tue May 19 , 2020
0 (0) Jakarta – Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Penerbangan Indonesia (PERDOSPI) angkat bicara mengenai kebijakan dibukanya kembali transportasi umum, khususnya pesawat terbang oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). PERDOSPI menuturkan adanya pelanggaran physical distancing yang dilakukan oleh masyarakat di bandara, tidak hanya cerminan ketidaksiapan masyarakat dalam merubah perilaku mencegah Covid-19, namun juga […]