Baleg DPR Percepat Bahas RUU Daerah Khusus Jakarta

Jakarta – Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Achmad Baidowi menyatakan, pihaknya akan mempercepat pembahasan Rancangan Undang Undang (RUU) Daerah Khusus Jakarta (DKJ). DPR telah menyetujui RUU DJK sebagai usul inisiatif DPR ditargetkan selesai Februari 2024.

“Artinya, 15 Februari 2024, UU DKJ itu harus sudah selesai, harus sudah diundangkan. Karena tidak mungkin ada rezim undang-undang yang mengatur ibu kota yang berbeda dan bertentangan,” kata Baidowi di Gedung DPR, Rabu (6/12/2023).

Baidowi menjelaskan, target rampungnya RUU DKJ diamanatkan dalam UU Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Mewajibkan Pemerintah dan DPR mengubah UU 29 Tahun 2007, tentang Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Negara Kesatuan RI.

“Soal konten dan materinya, itu kan masih didiskusikan dengan pemerintah nanti saat pembahasan, tentu kemarin perwakilan masyarakat kita undang lagi. Yang belum sempat diundang nanti dalam pembahasan itu ranahnya partisipasi publiknya,” katanya.

Dijelaskan, wacana penunjukan Gubernur oleh Presiden dalam RUU DKJ masih dibicarakan bersama pemerintah. Dalam pembahasannya juga akan melibatkan partisipasi publik mengenai ini.

“Itu kita undang lagi, ini kan kita menyusun itu atas perintah UU IKN. Mengharuskan UU DKI harus diubah,” ucapnya.

Adapun sebelum disetujui menjadi usul inisiatif DPR RI, RUU DKJ dibahas di Baleg DPR. 8 fraksi kecuali PKS menyetujui RUU DKJ dibawa ke paripurna menjadi usul inisiatif DPR RI dengan segala catatannya.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *