Bahlil Bilang Begini Ketika Ditantang Tom Lembong Jabarkan Investasi di IKN

Jakarta – Tom lembong menantang Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, menanggapi tantangan mantan Kepala BKPM periode 2016 – 2019.

Ia menantang yakni Bahlil untuk menjabarkan nilai investasi di IKN.

Bahlil menjelaskan, saat ini investasi yang telah masuk ke IKN tercatat mencapai Rp41,4 triliun. Dari total tersebut, investasi sebesar Rp25 triliun di antaranya disuntik oleh Konsorsium Nusantara.

“Mereka [Konsorsium Nusantara] kan kalau yang waktu dikomunikasikan pada saya sekitar Rp20 sampai Rp25 triliun, berapa [porsi suntikan investasi oleh masing-masing] pemilik saham kan tidak boleh aku bongkar itu, sudah gila itu kali,” kata Bahlil saat ditemui di kantor Investasi/BKPM, Jakarta, Rabu (24/1/2024).
Baca Juga : Bahlil Sindir Tom Lembong: Pintar Buat Pidato Tapi Tak Bisa Eksekusi Investasi

Kendati tak bisa menjabarkan, Bahlil Lahadalia memastikan bahwa Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) lingkup wilayah 1A telah dibanjiri investor. Sejumlah proyek yang mulai dibangun oleh para investor swasta mulai dari hotel, tempat olahraga, hingga taman.

Bahlil mengaku tidak ambil pusing dengan pernyataan yang disampaikan oleh Tom Lembong. Dia menyatakan pihaknya akan lebih memprioritaskan pembangunan IKN untuk rampung pada Juli 2024.

Baca Juga : : Bahlil Angkat Bicara soal Djarum dan Wings Group Tak Gabung Konsorsium Aguan di IKN

Park Inn™ by Radisson – Look Ahead. Book Ahead – Unique Stays in Top Locations
Park Inn™ by Radisson – Look Ahead. Book Ahead – Unique Stays in Top Locations
Ad
www.radissonhotels.com/Hotels/Park-Inn
“Sekarang pembangunannya kita kejar sampai 2024 ini di bulan Juli, karena Agustus kan kita sudah mau ke sana, dan ada beberapa hotel yang sudah mau jadi di bulan Juli. Jadi sangat keliru [bila baru mempertanyakan geliat investasi di IKN],” ujarnya.

Untuk diketahui sebelumnya, Tom Lembong sempat menyebut bahwa informasi yang disampaikan mengenai proses investasi di IKN sangatlah tidak realistis.

Baca Juga : : Djarum dan Wings Group Hengkang dari Konsorsium Aguan di Proyek IKN

Untuk membuktikan kebenaran nilai investasi di IKN, Tom Lembong menantang pemerintah untuk dapat menjabarkan ke publik nilai investasi yang disuntik oleh masing-masing investor ke IKN.

Tom berpandangan hal itu perlu untuk dijabarkan, mengingat hingga saat ini tidak ada data investasi detail yang menunjukkan jumlah nilai investasi dari setiap investor yang sudah memarkirkan dananya di IKN.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *