Friday, June 18

Awas Hoax Covid-19, Sepekan Mencapai 1.400

Jakarta: Sepekan, terhitung 23 Januari hingga 1 Februari, setidaknya ada 1.402 berita bohong atau hoaks terkait Covid-19.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang menghitung jumlah itu juga mencatat ada 97 temuan khusus informasi vaksin.

“Kemkominfo melakukan inisiatif untuk melawan konten-konten ini mulai dari hulu sampai hilir. Di hulu kita memperkuat kapasitas masyarakat melalui program literasi digital yang kita sebut siberkreasi,” kata Koordinator Pengendalian Internet Ditjen APTIKA Kemkominfo, Anthonius Malau, dilansir idntimes.com, Selasa (2/2/2021).

Anthonius menjelaskan, pihaknya sudah melakukan penurunan (take down) konten hoaks tersebut dan melaporkan pengunggah konten ke polisi.

“Khusus untuk kasus hoaks Covid-19, ada 104 yang telah dibawa ke ranah hukum. Kominfo juga melakukan patroli siber yang bekerja 24 jam selama tujuh hari dalam seminggu. Diawaki kurang lebih 100 orang yang menerima aduan masyarakat dan bekerjasama dengan 28 kementerian/lembaga yang bermitra dengan kami,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *