Aturan Tumpang Tindih Membuat Bansos Covid-19 Susah Dieksekusi

0
(0)

Jakarta – Anggota DPR, Marwan Jafar, meminta birokrasi yang mengatur bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat terdampak Covid-19 tak berbelit-belit. Regulasi dan kebijakan di tingkat pusat maupun daerah harus mengacu pada spirit pemerintah membantu rakyat terdampak Covid-19 secara efektif, efesien, cepat, dan tepat sasaran.

“Rakyat butuh segera dibantu. Pangkas birokrasi yang berbelit, mulai proses pendataan, pelaksanaan, hingga pelaporan,” ucap Marwan di Jakarta, Selasa (28/4).

Menurut Marwan, reformasi birokrasi harus dilaksanakan agar kebijakan bansos tidak berbelit dan tumpang tindih. Pemerintah pusat dan kementerian terkait harus menyelaraskan aturan dengan pemerintah daerah. Dengan demikian, jajaran yang paling bawah yakni kelurahan atau desa tidak kebingungan untuk menyalurkan ke masyarakat.

Hal tak kalah penting adalah akurasi data calon penerima bansos. Data penerima harus benar-benar sesuai dan akurat agar bansos tepat sasaran.

“Validitasi dan akurasi data menjadi kata kunci bansos benar-benar sampai ke masyarakat dan tepat sasaran,” ucap politikus PKB itu.

Aturan pencairan bansos dan bantuan langsung tunai (BLT) yang berbelit-belit sempat dilontarkan Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sehan Salim Landjar. Dalam sebuah video viral di media sosial, ia bahkan memaki salah satu menteri karena aturan yang tumpang tindih, seperti Menteri Desa, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Sosial.(EP)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

OPEC Perkirakan Harga Minyak Bisa Mencapai 40 Dolar per Barel

Wed Apr 29 , 2020
0 (0) Jakarta – Menteri Energi Aljazair dan Ketua Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC), Mohamed Arkab, mengatakan bahwa harga minyak dunia akan mencapai 40 dolar Amerika per barel pada pertengahan tahun 2020. Dia juga menjelaskan dalam sebuah wawancara bahwa harga minyak tersebut akan naik selama bulan Mei dan Juni. […]