by

Atraksi Pesawat Tempur Meriahkan HUT ke-77 RI

Jakarta: Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, upacara HUT ke-77 RI akan dimeriahkan atraksi flypass pesawat tempur TNI AU. Selain itu, juga akan ada peragaan alutsista dari tiga matra dan juga Polri.

“Flypass dari AU full. Tetapi peragaan heli lintas helikopter dari AU, darat (AD), AL, Polri ikut juga,” ujar Heru kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (12/8/2022).

Sementara itu pada Sabtu (13/8/2022) besok, lanjut Heru, juga akan dilakukan latihan untuk atraksi flypass. Mengingat atraksi tersebut harus sesuai dengan detik-detik Proklamasi.

“Mulai besok sudah ada latihan menyamakan waktu detik-detik untuk flypass. Karena kita kunci di titik-titik proklamasi, jam menitnya dan per detik, maka dari itu dari besok sudah latihan,” kata Heru.

Ia memastikan bahwa pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) 17-8-45 akan ikut andil dalam upacara HUT ke-77 RI. Selain Paskibraka, pasukan yang mengikuti upacara di Istana yakni, Paspampres, TNI tiga matra serta Polri.

“Semua pasukan penuh, jadi 17-8-45 kita mainkan. Tentunya selama latihan menggunakan masker. Nanti maskernya seragam,” jelasnya.

Heru mengungkapkan bahwa pada hari ini pasukan tersebut telah menggelar latihan di istana. Dan akan melakukan gladi kotor pada Sabtu 13 Agustus 2022 dan gladi bersih pada 15 Agustus 2022.

“Para pelaku upacara sudah mulai latihan di istana. Begitu juga besok gladi kotor pertama. Semua yang berkepentingan, itu sudah hadir sampai siang hari dari paspampres, paskibra, tiga matra TNI AD AU AL, menyatukan langkah di besok,” katanya mengakhiri.