by

Atlet dan Oficial ASEAN Para Games Positif COVID-19

Surakarta: Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) APG XI Solo 2022 menemukan belasan atlet dan oficial terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka pun menjalani isolasi di hotel. .

Anggota Subbidang Kesehatan dan Farmasi INASPOC, dr. Siti Wahyuningsih mengungkapkan ada 17 atlet dan ofisial terkonfirmasi positif COVID-19, data per Selasa (02/08/2022)

“Dari 17 atlet dan oficial itu, 14 orang di Solo dan 3 orang di Semarang. Di Solo banyak karena venue-nya juga banyak,” kata dr. Siti Wahyuningsih kepada wartawan.

Hampir semua cabang olahraga yang dipertandingkan berada di kota Solo. Hanya cabang renang yang digelar di Kota Semarang.

Saat ini mereka yang positif Covid-19 menjalani isolasi di hotel masing-masing. Kondisi mereka terpantau baik.

“Kondisi fisiknya juga baik. Karena berbeda-beda waktu tesnya, maka masa karantinanya juga selesai tidak bersamaan,” ucap perempuan yang menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo.

Dokter Siti enggan merinci asal negara atlet maupun oficial yang positif COVID-19 itu. Dia hanya menyebut jika mereka berasal dari 7 negara peserta ASEAN Para Games 2022. Petugas kesehatan terus memantau kondisi atlet maupun oficial tersebut.

Atlet maupun ofisial tersebut diketahui positif COVID-19, usai mengikuti tes swab. Baik tes saat tiba di Indonesia maupun tes berkala.

“Untuk olahraga body contact, setiap mau bertanding mesti harus di-swab. Jadi ada yang ketahuan positif dari tes kedatangan dan ada yang dari tes berkala,” ucap Siti.

Siti menekankan temuan kasus COVID-19 dalam ASEAN Para Games 2022 itu adalah hal logis. Sebagai bentuk antisipasi, INASPOC juga telah menyediakan beberapa rumah sakit sebagai lokasi rujukan.

“Kami menyadari saat ini masih pandemi tapi juga harus memberikan rasa nyaman kepada tamu dan masyarakat. Makanya kami ingin perhelatan ini aman sehingga dilakukan skrining. Kami siapkan rumah sakit sebagai rujukan, yaitu RSUD dr Moewardi, RS PKU Muhammadiyah dan RS JIH,” kata dokter Siti, menjelaskan