by

Atasi Polusi Udara, Walhi Nilai Jakarta Belum Serius

Jakarta: Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jakarta memandang belum ada upaya serius dari Pemprov DKI Jakarta dalam menekan polusi udara di Ibu Kota. Hal ini terlihat dari berhentinya penerapan kebijakan tilang bagi kendaraan yang tak lulus uji emisi.

“Ada uji emisi. Tapi, kita lihat akhir-akhir ini uji emisi ternyata belum ditindak dengan tegas ketika orang-orang tidak menguji emisi kendaraannya,” kata Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jakarta Suci Fitria Tanjung kepada wartawan, Selasa (21/6/2022).

Suci memandang berhentinya kebijakan tersebut tak lepas dari belum ada konsolidasi antara Pemprov maupun kepolisian. Kepolisian beralasan tak memulai penegakan tilang karena fasilitas bengkel uji emisi yang dinilai masih minim.

Sementara, dari pantauan Walhi, bengkel yang telah menyediakan jasa uji emisi malah sepi dari pengunjung. Sehingga masyarakat pun menyikapi kebijakan ini sebagai sebuah sukarela semata tidak menjadi kewajiban.

“Ini kan berarti proses uji emisi tidak dikonsolidasikan secara baik di antarlembaga. Ini tidak ada ancaman yang serius terkait penegakan hukum, sehingga masyarakat merasa uji emisi adalah hal yang sifatnya voluntary, bukan mandatory,” ujar Suci.

Suci mendorong Pemprov dan Kepolisian segera melakukan penilangan terhadap kendaraan yang tak lulus uji emisi. Dengan demikian akan membuat masyarakat berkewajiban melakukan uji emisi kendaraannnya yang ujungnya pada pengurangan polusi udara.

“Jadi, uji emisi harus didorong untuk percepatan penilangannya. Harus ada tindakan hukum yang tegas. Sehingga, masyarakat merasa wajib untuk melakukan uji emisi,” ucap Suci.

Diketahui, dalam beberapa hari terakhir Jakarta masuk ke dalam 10 besar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia versi IQAir.  Berdasarkan, pemantauan tim RRI Jakarta masih masuk dalam urutan ke 8 dengan indeks kualitas udara 107 pada Selasa 21 Juni 2022 yang berarti tidak sehat bagi kelompok sensitif. Data tersebut terpantau pukul 12.53 WIB dari aplikasi IQAir.