Asinan Sayur Betawi, Menu Nusantara di KTT ASEAN Di Jakarta,

Jakarta – Asinan Sayur Betawi menjadi satu dari beberapa hidangan nusantara yang disajikan pada pertemuan KTT ASEAN Ke-43 di Jakarta.

Kini Pertemuan KTT ASEAN Ke-43 itu sendiri dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (5/9/2023).

Kita ketahui Asinan sendiri adalah jenis makanan yang dibuat dengan cara pengasaman. Yakni, melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka, bahan yang diacarkan yaitu berbagai jenis sayuran dan buah-buahan.

Di Indonesia, asinan Betawi menjadi salah satu hidangan khas seni kuliner Indonesia yang berasal dari Jakarta. Seporsi asinan Betawi umumnya berisi sayuran, mi, tahu, dan kerupuk, lalu disirami kuah dan bumbu kacang.

Paduan rasa asam, pedas, manis, dan gurih selalu berhasil menggoyang lidah penggemarnya. Merangkum berbagai sumber, asinan Betawi memiliki sejarah panjang yang berakar dari zaman kolonial Belanda di Jakarta.

Awalnya, asinan Betawi disebut “Assinang” yang berasal dari bahasa Belanda, yaitu “aijnen” yang berarti “asam”. Makanan ini dipengaruhi oleh masakan Tionghoa dan Arab yang telah ada sejak lama di Jakarta.

Di masa penjajahan Belanda, orang-orang pada masa itu membawa banyak rempah-rempah dari Hindia Belanda ke tanah air mereka. Namun, mereka tidak terlalu terbiasa dengan rasa pedas yang kuat.

Oleh karena itu, para juru masak Betawi berusaha menciptakan hidangan yang sesuai dengan lidah Belanda. Dan dari hal itulah lahir Asinan Betawi.

Perlu diketahui, asinan Betawi awalnya hanya terdiri dari mentimun dan nanas yang disajikan dengan saus kacang. Tetapi, seiring berjalannya waktu, orang Betawi mulai mencoba variasi dengan menambahkan berbagai jenis buah dan sayuran lainnya.

Tujuannya adalah untuk memperkaya rasa dan tekstur hidangan ini. Oleh karena itu, Asinan Betawi menjadi semakin populer dan menjadi salah satu hidangan favorit masyarakat Jakarta pada umumnya.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *