by

Aset Eks BLBI Rp492 Miliar Akan Dihibahkan

Jakarta: Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI), akan menghibahkan sejumlah aset hasil pembayaran utang para debitur/obligor BLBI kepada sejumlah Pemerintah Kota Bogor dan tujuh Kementerian/Lembaga.

Seluruh aset yang akan dihibahkan sebesar Rp492 miliar berupa Penetapan Status Penggunaan (PSP).

“Seluruh aset yang bernilai 492 miliar rupiah ini akan digunakan untuk menunjang tugas dan fungsi kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah dalam pelayanan publik kepada masyarakat,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, dalam konferensi pers progres Satgas BLBI, yang disiarkan langsung melalui Youtube Kemenko Polhukam, Senin (22/11/2021).

Aset pengelola ex BLBI ini, akan diberikan Satgas pada hari, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga: Satgas BLBI Terima Pembayaran-Aset Sejumlah Obligor/Debitur

Selain Kota Bogor, tujuh Kementerian/Lembaga yang akan mendapatkan hibah adalah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pertahanan, Kementerian Keuangan, Kementerian Agama, Kepolisian RI, Badan Pusat Statistik dan Badan Narkotika Nasional.

Selain itu, tambah Mahfud, Satgas BLBI berencana melakukan tindakan penyitaan barang jaminan dan aset obligor/debitur yang terletak di berbagai daerah.

Ditambah, Satgas juga akan melakukan lelang atas aset properti yang dikuasai secara fisik oleh satgas BLBI yang berlokasi di Blok B, Taman Buah, Perumahan Lippo Karawaci, Kelapa Dua, Tangerang, Banten dengan total luas 37.779 meter persegi.

“Satgas BLBI akan terus melakukan upaya untuk memastikan pengembalian hak tagih negara dan memastikan bahwa aset BLBI dikelola dengan sebaik-baiknya oleh pemerintah,” tegas Mahfud.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *