by

AS Sepakati Perjanjian Mengakhiri Pajak Digital Eropa

Washington: Amerika Serikat telah menyelesaikan poin kunci dari gesekan perdagangan dengan Eropa setelah menandatangani kesepakatan untuk mengakhiri pajak layanan digital (DST) yang kontroversial pada raksasa teknologi Amerika.

Washington mengatakan pada hari Kamis (21/10/2021) bahwa pihaknya akan menghapus tarif hukuman pada produk dari Austria, Prancis, Italia, Spanyol, dan Inggris sebagai bagian dari kesepakatan—langkah penting dalam meningkatkan hubungan yang tegang meskipun bea masuk tidak pernah dikenakan.

Di bawah perjanjian bersama, negara-negara tersebut akan mengakhiri pajak pada perusahaan-perusahaan Teknologi Besar setelah kesepakatan pajak perusahaan minimum global mulai diberlakukan, yang diperkirakan pada tahun 2023.

Setiap pungutan yang dibayarkan untuk DST sementara akan dikreditkan ke tagihan pajak di masa depan, sesuai dengan kesepakatan.

Amerika Serikat berargumentasi soal penarikan segera dari apa yang dikatakannya sebagai biaya diskriminatif pada raksasa teknologi Amerika seperti Amazon, Apple dan Google, sementara negara-negara tersebut lebih suka menunggu sampai rezim pajak baru diterapkan.

“Kompromi ini merupakan solusi pragmatis,” kata kedua negara dalam pernyataan bersama, seperti dikutip dari Tech Xplore, Sabtu (23/10/2021).

Hampir 140 negara awal bulan ini mencapai kesepakatan tentang pajak minimum 15 persen di bawah naungan Organisasi untuk Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

Langkah bersejarah itu bertujuan untuk mengakhiri perusahaan yang melindungi keuntungan di negara-negara surga pajak rendah, dan akan mengatasi masalah yang ingin dipecahkan oleh DST.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *