by

Arab Saudi & Italia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Jakarta: Kolaborasi yang unik siap diwujudkan pada Piala Dunia 2030 mendatang, dengan dua tuan rumah berbeda benua. Arab Saudi siap mengajukan diri sebagai tuan rumah di masa mendatang, dan yang paling unik adalah mereka siap berkolaborasi bersama dengan Italia untuk sama-sama menjadi tuan rumah kejuaraan sepakbola dunia tersebut.

Ambisi dari Arab Saudi tentunya sangat unik dan menyita perhatian, karena mereka berdampingan dengan Italia yang diketahui berbeda benua, dan jelas juga berbeda zona waktu. Ambisi Arab Saudi dan Italia ini dilaporkan oleh media The Athletic, Sabtu (17/7/2021).

The Boston Consulting Group bakal menjadi penasihat untuk Arab Saudi dalam upaya mereka mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030. Italia dipilih sebagai pendamping, karena ada kemungkinan Piala Dunia di masa mendatang tak hanya digelar tersentral di satu negara.

Piala Dunia yang jadi incaran Arab Saudi dan Italia adalah Piala Dunia 2030, yang merupakan perayaan seratus tahun kejuaraan sepakbola paling elite ini. Tentunya, Piala Dunia 2030 diantisipasi bakal jadi kejuaraan paling megah.

Sejauh ini sudah beberapa negara yang mengajukan diri untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030, termasuk tuan rumah Piala Dunia edisi perdana, Uruguay. Lalu ada Portugal-Spanyol, hingga Inggris bersama Republik Irlandia.

Akan tetapi, muncul ide untuk membuat Timur Tengah sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030. Arab Saudi akan menjadi tuan rumah bersama dengan negara Timur Tengah lain seperti Maroko, hingga Mesir. Namun rupanya, kendala infrastruktur dan tantangannya lebih berat.

Italia sendiri sudah menyatakan bahwa mereka punya ambisi untuk menjadi tuan rumah Euro 2028 mendatang, dan siap jika ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia yang digelar dua tahun kemudian, sebagaimana pernyataan FIGC beberapa waktu lalu.

Rencana Arab Saudi memang terdengar gila, tapi sebenarnya sangat memungkinkan karena mereka memiliki segalanya dan siap menyusun rencana secara baik dengan pendampingan dari The Boston Consulting Group.

Perlu diketahui bahwa ada niat kemitraan yang ingin dijalin dalam upaya Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia. Apalagi, sepakbola merupakan olahraga yang selalu disambut di daerah Timur Tengah, dengan adanya BeIN Sports yang memiliki hak siar berbagai siaran sepakbola Eropa.

Sepakbola juga diharapkan menjadi bahan kampanye yang bagus untuk isu kemanusiaan yang terjadi di kawasan sana, termasuk membuka mata dunia tentang citra Timur Tengah sejauh ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *