Aprindo Jatim: Stok Gula Pasir Menipis

0
(0)

Surabaya : Usulan Perum Bulog agar pemerintah membuka keran impor untuk gula konsumsi 200 ribu ton mendapat penolakan dari petani. Sebab, hingga Mei stok gula masih mencukupi kebutuhan konsumsi nasional. Petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) dengan tegas menyatakan pemerintah tak perlu untuk impor gula lantaran stok gula masih mencukupi hingga bulan Mei 2020.

Ketua APTRI Sumitro Samadikun menyebutkan, saat ini sisa stok akhir tahun 2019 sebanyak 1,080 juta ton, masih ada gula impor Gula Kristal Putih (GKP) sebayak 270 ribu ton. Sehingga total stok awal tahun 2020 sebanyak 1,350 juta ton.

“Jadi untuk memenuhi kebutuhan bulan Januari-Mei 2020 stok cukup karena kebutuhan gula konsumsi per bulan rata-rata 230 ribu ton secara nasional. Jadi lima bulan kira-kira butuh 1,150 juta ton,” ujarnya, Rabu, (4/3/2020).

Soal harga gula melambung di tingkat eceran, menurut dia masih tahap batas wajar lantaran kenaikannya hanya Rp2 ribu per kilogram (kg), yakni menjadi Rp14 ribu hingga Rp15 ribu per kg.

“Jadi masih wajar kenaikan gula konsumsi di angka Rp1 ribu hingga 2 ribu per kg, namun dibandingkan dengan bawang putih atau daging sangat jauh sekali kenaikannya bisa di atas Rp30 ribu,” tutur dia.

Sementara itu, meski stok kebutuhan pokok relatif aman hingga Lebaran, namun Aprindo menyampaikan pihaknya mengalami keterbatasan stok gula.
mengatakan, hampir semua ritel modern tidak menjual gula, yang ada hanya gula saset. Menurut April Ini harus menjadi perhatian pemerintah, khususnya untuk membantu penyediaan stok gula.

“Kalau secara umum sembako aman ya, hanya ini Mbak, gula. Gula Kita sudah menipis, jadi pemerintah sebaiknya menyikapi ini agar kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi,”ujarnya

Dikatakan, langkanya gula di gerai ritel sebelumnya tidak pernah terjadi. Kondisi seperti ini Kata April, tentu ini akan menimbulkan dampak inflasi tinggi jika tidak segera diatasi.

Akibat terbatasnya stok, Pihaknya membatasi penjualan gula maksimal 2 kilogram bagi setiap pelanggan. Menyinggung persiapan lebaran, lanjut April, seluruh retail sudah menyiapkan stok dengan baik. Sejak pertengahan Februari, stok untuk biskuit, sirup, minyak goreng, tepung terigu dan keperluan sembako sudah disiapkan

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *