Antisipasi Dampak Coronavirus, Pemerintah Siapkan 8 Paket Kebijakan

0
(0)

Jakarta : Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto dalam sebuah acara di Jakarta mengatakan setidaknya ada 8 paket kebijakan yang akan ditempuh pemerintah sebagai langkah antisipasi dampak Coronavirus atau Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia.

Airlangga mengatakan kedelapan (8) paket kebijakan itu masing-masing diantaranya 4 paket kebijakan terkait prosedural dan 4 paket lainnya terkait fiskal. Demikian menurut pernyataan yang disampaikan Airlangga saat ditemui RRI.co.id di Hotel Borobudur, Jakarta.

“Kami siapkan ada 8 paket kebijakan, 4 terkait prosedural dan 4 lainnya terkait fiskal. Kami komunikasikan dengan Menteri Keuangan (Menkeu), nanti dilaporkan kepada presiden untuk difinalisasikan (diputuskan),” kata Airlangga Hartarto dalam acara Rapat Kerja Kementerian Perdagangan (Kemendag) 2020 di Hotel Borobudur, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu (4/3/2020).

Saat ditanya wartawan lebih rinci, Airlangga tampaknya belum bersedia menyebutkan secara detail apa saja isi dari paket kebijakan yang akan diambil pemerintah tersebut.

Menurut Airlangga, paket kebijakan tersebut salah satu tujuannya untuk mendorong kelancaran ekspor impor dimana pemerintah akan memberikan kelonggaran sejumlah izin bagi transaksi ekspor.

Dirinya menambahkan bahwa pemberian kelonggaran itu diantaranya berupa perizinan yang biasanya membutuhkan sertifikat khusus misalnya seperti SKA (Sertifikat Keterangan Asal) atau semacam health sertificate yang bisa dikeluarkan para titik-titik ekspor sehingga tidak perlu bolak-balik.

“Pengurangan pembatasan atau larangan terkait tata niaga terhadap impor akan kita kurangi, terutama terkait impor bahan baku. Dengan demikian maka impor bahan baku ini supaya tidak terkendala di dalam proses impornya, maka dari itu pemerintah akan mengurangi larangan terkait pembatasan impor.,” pungkas Airlangga Hartarto.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *