Anggaran Penanganan Covid-19 Indonesia Hampir Rp700 Triliun

0
(0)

Jakarta – Pemerintah kembali menambah anggaran penanganan Covid-19 bertambah dari sebelumnya Rp677,2 triliun menjadi Rp695,2 triliun.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, tambahan anggaran tersebut telah disampaikan dalam sidang kabinet. “Ada tambahan dalam anggaran untuk kesehatan dari Rp75 triliun menjadi Rp87,55 triliun,” ujar Menteri Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Selasa (16/6).

Selain itu, alokasi anggaran juga ditujukan untuk perlindungan sosial sebesar Rp203,9 triliun untuk program keluarga harapan, bantuan sembako, bantuan langsung tunai, hingga diskon listrik.

“Kemudian ada anggaran untuk insentif usaha sebesar Rp120,61 triliun,” katanya.

Menteri Sri Mulyani menambahkan alokasi lainnya ditujukan untuk UMKM sebesar Rp123,46 triliun, pembiayaan korporasi Rp53,57 triliun, dan pembiayaan sektoral kementerian/lembaga dan pemda sebesar Rp106,11 triliun.

Dia mengatakan tambahan alokasi tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan dampak Covid-19 terhadap perekonomian dan juga kemiskinan.

Menteri Sri Mulyani melanjutkan bahwa proyeksi pemerintah akan ada tambahan penduduk miskin karena Covid-19 sekitar 1,89 juta hingga 4,86 juta serta tambahan pengangguran 2,92 juta hingga 5,23 juta.

Menurut Menteri Sri Mulyani, alokasi anggaran dalam APBN kali ini akan difokuskan untuk menahan tekanan terhadap perekonomian yang pada kuartal kedua diperkirakan tumbuh negatif 3,1 persen, sehingga pada kuartal ketiga dan keempat diharapkan ada perbaikan sehingga bisa tetap tumbuh positif di kisaran 2,3 persen.

“Namun, poin estimasi pertumbuhan ekonomi mengarah pada pertumbuhan 0 persen hingga 1 persen sepanjang 2020 ini,” kata dia. (Aza/AA)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Realme Narzo Meluncur dan Hanya Dijual Lewat Online, Ini Spesifikasinya

Wed Jun 17 , 2020
0 (0) Jakarta–Realme menghadirkan seri baru di pasar Indonesia, Narzo. Ponsel cerdas ini hanya dijual secara online. “Seri baru Narzo menargetkan pasar anak muda dengan fokus pada performa yang kuat dan hiburan. Generasi pertama dari seri baru realme Narzo akan memenuhi kebutuhan pembeli online muda dan akan tersedia secara eksklusif […]