Ancaman Kesehatan yang Tak Terlihat

saat kita menarik napas, badai partikel dan molekul yang tidak terlihat menyusup ke tubuh. Percayalah, situasi ini menimbulkan ancaman bagi kesehatan, terutama paru-paru.

Namun pernahkah Anda benar-benar merenungkan pentingnya udara bersih sebagai penentu kesehatan dan kesejahteraan? Ini adalah pertanyaan yang perlu dimengerti, karena 99 persen orang terpapar polusi udara melebihi rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 2021.

Polusi udara merupakan ancaman lingkungan yang besar. Turut pula menjadi salah satu kasus kematian utama di antara semua faktor risiko secara global. Tepat di bawah hipertensi, merokok, dan diabetes.

Pencemaran udara bertanggung jawab atas sekitar 7 juta kematian dini per tahun. Dampak polusi antara lain sakit jantung, iskemik (kekurangan oksigen), stroke, hingga paru-paru.

Jangan lupakan juga polusi udara membuat orang mudah terjangkit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Terutama di negara-negara dengan tingkat ekonomi rendah dan menengah.

Dampak buat perekonomian suatu negara pun sangat nyata. Polusi udara memicu bengkaknya biaya kesehatan, yang menurut WHO mencapai 6,1 persen dari produk domestik bruto secara global. Menyedihkan, bukan?

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *