by

Anak 6-11 Tahun, IDAI Kaltim Dorong Vaksinasi

Samarinda: Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Kaltim dr. Sukartini, Sp.A. merekomendasikan pemberian vaksin COVID 19 pada anak usia 6-11 tahun.

Menurutnya, rekomendasi vaksinasi ini dikeluarkan dengan pertimbangan anak-anak juga dapat tertular dan menularkan Covid-19 ke orang-orang di sekitarnya. Selain itu, proporsi kasus anak terinfeksi Covid-19 berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 pada 1 November 2021 yaitu sebesar 13 persen.

“Guna meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap virus ini maka cakupan vaksinasi harus diatas 75 persen sehingga IDAI pusat dan Kaltim tersu mengajak warga untuk membawa anak untuk divaksin,” tegas dr. Sukartini Kepada RRI Hari ini Minggu (26/12/2021) di Samarinda.

IDAI merekomendasikan pemberian imunisasi COVID-19 Coronavac pada anak golongan usia 6 tahun ke atas, dengan pemberian secara intramuskular dengan dosis 3ug (0,5 ml) sebanyak dua kali pemberian dengan jarak dosis pertama ke dosis kedua yaitu 4 minggu.

“Kami minta jangan takut karena dosis vaksin juga disesuaikan dengan usia anak,” kata perempuan bertubuh langsing ini.

Dr. Sukartini mengingatkan Sebelum dan sesudah vaksinasi semua anak tetap memakai masker dengan benar, menjaga jarak, tidak berkerumun, jangan bepergian bila tidak penting.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo telah menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi bagi anak usia 6 tahun hingga 11 tahun ditargetkan akan menyasar sekitar 26,5 juta anak di seluruh indonesia. Presiden juga berharap pelaksanaan vaksinasi anak ini bisa dilakukan secara cepat di seluruh Provinsi dan wilayah di Indonesia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *