by

Amankan Pernikahan Kaesang-Erina, Puluhan Ribu Pasukan Gabungan

Jakarta: Sebanyak 10.800 pasukan gabungan akan mengamankan pernikahan putra Presiden Jokowi, Kaesang. Pasukan berasal dari unsur TNI dan Polri, mereka disiagakan untuk mengamankan tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina.

Apel gelar pasukan sudah dilakukan dan dipimpin langsung Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II, Marsdya TNI Andyawan Martono. Juga ada Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi.

“Total Jogja sama Solo totalnya sekitar 10.800 dengan dilengkapi beberapa peralatan. Antisipasi, kita tidak ingin adanya hal-hal buruk yang terjadi,” kata Andyawan usai apel di Stadion Manahan Solo, Rabu (7/12/2022).

Ia juga mengatakan apel pasukan digelar untuk memastikan kesiapan pengamanan. Tasyakuran sendiri digelar di Solo pada 11 Desember 2022.

“Kita cek kesiapan kami dalam menghadapi acara yang akan dilaksanakan di Kota Solo. Kita harapkan ini berjalan dengan aman dan lancar,” ucap Andyawan.

Andyawan juga meminta warga Solo dan Jogja dapat bekerja sama dengan baik sehingga acara pernikahan berjalan lancar. Ia juga berharap personel gabungan dapat bertindak humanis dalam pengamanan.

Menurutnya, peristiwa bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, tidak luput dari perhatian pengamanan di Kota Solo. Untuk itu, pihaknya akan melakukan edukasi atas dampak adanya aksi teror tersebut.

“Bahwa itu hal-hal yang tidak baik. Ada fasilitas terbuka dari pemerintah yakni TNI dan Polri untuk menyampaikan segala sesuatu,” katanya.